Sukses


Jangan Menyepelekan! Usia Muda Rentan Jadi Sumber Penularan Virus Corona

Jakarta - Virus Corona telah menjadi pandemi di dunia. Nyaris tidak ada negara yang luput dari sentuhan virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, China itu. Virus Corona pun tidak pandang bulu dalam memilih korbannya. Tua-muda bisa kena.

Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat yang masih berusia muda untuk tetap waspada.

''Meskipun masih merasa muda masih merasa kuat, perhatikan betul bahwa kita menjadi salah satu sumber penularan bagi keluarga kita,"' katanya seperti dilansir situs resmi Kementrian Kesehatan.

Sebelumnya, ada anggapan virus Corona hanya akan menjangkiti mereka yang berusia lanjut. Namun menurut pemerintah, mereka yang masih berusia muda dan memiliki imun bagus juga rentan terkena.

Malah, mereka yang berusia muda rentan juga menjadi penyebar virus. Pasalnya, meski telah terjangkit, tidak ada gejala medis yang dirasakan.

"Inilah menjadi hal yang mendasar sehingga persebaran virus Corona semakin cepat. Apabila ini menular ke saudara-saudara kita yang usianya lebih tua dan rawan maka ini akan menjadi masalah yang serius untuk keluarga kita,'' katanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Jangan Keluar Rumah

Lebih lanjut, ia pun meminta masyarakat usia muda untuk tetap berada di rumah dan melakukan social distancing. Dua hal itu berguna agar virus Corona tidak semakin menyebar.

''Oleh karena itu patuhi benar imbauan dari pemerintah untuk lebih banyak dirumah dan semaksimal mungkin tidak keluar rumah, ini yang menjadi penting untuk melakukan pencegahan,'' katanya.

Sementara itu, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Hingga Selasa (24/3/2020) ada total 686 kasus positif.

"Ada penambahan baru konfirmasi positif 107 kasus. "Ada penambahan pasien meninggal sebanyak 7 orang, sehingga total kasus meninggal 55 orang," kata Yurianto.

 

Sumber: Kemenkes

Disadur dari: Liputan6.com (Luthfie Febrianto/Edu Krisnadefa, published 24/3/2020)

3 dari 3 halaman

Kampanya Media Melawan Corona

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer