Sukses


WHO Serukan 6 Langkah untuk Menyerang Balik Virus Corona saat Lockdown

Bola.com, Jakarta - Saat ini banyak negara memberlakukan lockdown atau karantina wilayah. Pengawasan aktivitas warga diperketat. Tujuannya, meredam penyebaran virus Corona penyebab COVID-19, yang sekarang sudah berstatus pandemi.

Mayoritas negara itu sudah menentukan masa akhir lockdown, namun banyak pula yang sudah memperpanjang durasi karantina wilayah tersebut karena situasi terakhir dianggap masih belum memungkinkan.

Di masa lockdown yang diberlakukan negara-negara saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti disampaikan Direktur Jenderal, Tedros Adhanom Ghebreyesus, meminta setiap negara menggunakan waktu saat lockdown untuk menyerang balik virus Corona.

Seperti dlansir dari Antara, Jumat (27/3/2020), Tedros mengatakan langkah untuk meminta masyarakat tetap di rumah dan membatasi aktivitas masyarakat dengan menutup sejumlah fasilitas publik bisa membantu mengulur waktu dan mengurangi beban tenaga medis di fasilitas kesehatan.

Namun, Tedros menegaskan jika hanya itu yang dilakukan, tidak akan bisa mengalahkan virus yang telah menginfeksi lebih dari 400 ribu orang di seluruh dunia ini.

Dia menyebut, tujuan dari kebijakan pembatasan interaksi fisik atau juga lockdown bertujuan agar memungkinkan tindakan yang lebih tepat dan terarah untuk menghentikan penularan virus Corona dan menyelamatkan nyawa seseorang.

Itulah mengapa, di saat banyak orang berdiam diri di rumah, pemerintah memiliki kesempatan untuk melakukan beberapa langkah agresif untuk menyerang balik virus. Tedros lantas merekomendasikan enam langkah yang sebaiknya dilakukan oleh semua negara.

2 dari 2 halaman

6 Langkah Menyerang Balik Virus Corona pada Masa Lockdown

1.Setiap negara menambah, melatih, dan memanfaatkan sumber daya kesehatan yang ada, baik tenaga medis maupun tenaga kesehatan masyarakat.

2. Mengimplementasikan sebuah sistem yang bisa menemukan setiap kasus yang dicurigai terjadi di tingkat masyarakat.

3. Meningkatkan produksi, kapasitas, serta ketersediaan sarana dan prasarana pengujian spesimen

4. Mengindentifikasi fasilitas yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk merawat dan mengisolasi pasien, kemudian menyesuaikaan dan melengkapinya dengan fasilitas kesehatan

5. Mengembangkan rencana dan proses yang jelas untuk mengarantina orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif

6. Memfokuskan kembali seluruh elemen pemerintah untuk menekan dan mengendalikan virus Corona

Sumber: Antara

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Alur Penanganan Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia untuk Tenaga Medis

Video Populer

Foto Populer