Sukses


Menpora Pastikan PON 2020 Masih Berjalan Sesuai Rencana 

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional alias PON 2020 masih berjalan sesuai rencana. Menurut Menpora, belum ada keputusan apa pun meskipun adanya kekhawatiran pandemi virus corona memengaruhi perhelatan pesta olahraga antarprovinsi itu.

"Hingga sekarang, belum ada keputusan apa pun. Sesuai arahan Presiden dalam Ratas terakhir, kami tetap sesuai jadwal," kata Zainudin dalam rekaman video yang diterima di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Kemenpora juga akan terus melihat perkembangan situasi terlebih dahulu dalam hitungan hari dan bulan ke depan. Apabila wabah virus corona semakin mereda, persiapan PON tak terganggu, maka pesta olahraga nasional itu dipastikan akan digelar sesuai rencana awal, yakni pada 20 Oktober hingga 2 November 2020.

"Kami akan lihat lagi bagaimana perkembangan situasi pandemi ini dalam hitungan hari dan bulan ke depan. Bila harus menunda, kami akan tunda," ujarnya.

Terkait persiapan PON 2020, Menpora juga tak menampik bahwa pandemi COVID-19 ini juga berpengaruh signifikan terhadap persiapan tim di dalam negeri, khususnya Pelatda (pelatihan daerah).

Namun, ia menilai bahwa situasi saat ini tak dapat dihindari. Prioritas keselamatan para atlet, pelatih, ofisial, dan masyarakat akan menjadi pertimbangan utama dalam pengambilan keputusannya nanti.

Keputusan final, kata dia, akan diambil setelah pihaknya melakukan rapat bersama KONI Pusat. KONI Pusat juga diminta agar mendengarkan seluruh masukan dari KONI daerah dan cabang-cabang olahraga yang berpartisipasi dalam PON 2020, mengingat mereka telah mempersiapkannya sejak lama.

2 dari 2 halaman

Pengaruhi Event Olahraga

Pandemi corona telah memengaruhi berbagai event olahraga, baik di tingkat lokal maupun internasional. Di Indonesia kompetisi Shopee Liga 1 2020, Liga 2 2020, Indonesia Basketball League (IBL), Proliga, telah resmi ditunda atau dihentikan sementara. 

Di luar negeri liga-liga sepak bola di berbagai penjuru dunia juga sudah digentikan sementara. Begitu juga berbagai turnamen bulutangkis, tenis, basket, MotoGP, F1, hingga atletik dan olahraga-olahraga lain. 

Bahkan beberapa turnamen besar seperti Piala Eropa 2020, Copa America 2020, hingga Olimpiade Tokyo 2020 juga resmi ditunda hingga tahun depan. 

Sumber: Antara 

Video Populer

Foto Populer