Sukses


10 Tips Merawat Anggota Keluarga yang Positif COVID-19 dan Menjalani Isolasi di Rumah

Bola.com, Jakarta - Sesuai Pedoman Alur Penangangan Cepat COVID-19 di Indonesia untuk masyarakat yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang dinyatakan positif mengidap COVID-19 setelah melalui tes cepat (rapid test), tidak serta dirawat di rumah sakit. Ada dari mereka yang diminta untuk melakukan isolasi diri di rumah masing-masing.

Yang termasuk kriteria di atas adalah ODP yang dinyatakan positif, serta PDP yang statusnya ringan.

Dengan begitu, menjadi tanggung jawab keluarga untuk merawat anggota keluarganya tersebut, yang harus melakukan isolasi diri.

Mengingat sifat virus Corona SARS-CoV-2 yang mudah menular, tentu setiap anggota keluarga yang merawat serta mendampingi orang terkasih yang menjalani isolasi harus waspada agar tak ikut tertular.

Anggota keluarga yang sehat, yang tinggal satu rumah dengan pasien dengan status isolasi diri, bisa tertular ketika menghirup udara yang sama setelah sang pasien batuk atau bersin. 

Atau, anggota keluarga lain bisa tertular setelah menyentuh barang setelah pasien batuk atau bersin, dan menyentuh wajah tanpa lebih dulu mencuci tangan.

Hal itu karena virus Corona bisa hidup selama beberapa jam bahkan selama berberapa hari, tergantung jenis barang.

Lalu, petunjuk praktis seperti apa yang bisa dilakukan untuk merawat anggota keluarga yang dinyatakan positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi diri, tanpa anggota keluarga yang lain khawatir ikut tertular?

Berikut beberapa di antaranya, seperti disadur Bola.com dari The List, Jumat (27/3/2020). Beberapa tips di sini juga sesuai dengan rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

2 dari 3 halaman

Kamar Terpisah

1. Siapkan kamar dan kamar mandi terpisah dari anggota keluarga lain

"Rumah adalah lingkungan bersama yang sangat kecil dengan kemungkinan besar adanya virus hadir," ujar Raphael Viscidi, pakar penyakit menular di Johns Hopkins Medical, Amerika Serikat.

Pentingnya kamar dan kamar mandi sendiri adalah karena dua ruangan ini memiliki banyak permukaan yang bisa disentuh secara rutin baik oleh penderita positif COVID-19 atau anggota keluarga lain yang sehat.

Terutama kamar mandi, di mana ruangan ini memiliki keran, gagang pintu, hingga wastafel yang kerap dipegang.

2. Batasi atau bila perlu, larang tamu seperti kerabat, teman, tetangga untuk berkunjung sementara waktu

3. Beri pasien positif COVID-19 masker wajah apabila terpaksa berdekatan dengan Anda atau angota keluarga. Jika memungkinkan jaga jarak setidaknya satu meter dari anggota keluarga lain.

4. Anda dan anggota keluarga yang lain yang sehat wajib menggunakan masker saat berada di dekat pasien

5. Usahakan udara bisa keluar masuk dengan leluasa di rumah Anda, perbanyak ventilasi. Hal ini karena mudahnya virus Corona SARS-CoV-2 menyebar melalui partikel-partikel di udara

3 dari 3 halaman

Gunakan Sarung Tangan saat Mencuci

6. Pasien pengidap COVID-19 tak memerlukan diet khusus. Namun, saat Anda mengantarkan makanan kepada sang pasien, direkomendasikan untuk meninggalkan nampan berisi makanan tersebut di depan pintu. Mungkin terdengar kejam, tetapi ini satu di antara cara terbaik untuk mencegah penularan virus ke anggota keluarga yang lain

7. Dalam situasi pasien COVID-19 harus keluar sendiri dan menuju dapur atau meja makan, Anda bisa siapkan nampan berisi makanan di atas meja. Setelah makanan disantap, bersihkan permukaan meja dengan disinfektan.

8. Pisahkan peralatan makan si pasien dengan anggota keluarga lain, dan cuci semuanya sampai bersih.

9. Jangan berbagi pakaian, selimut, seprei dan apa pun dengan pengidap COVID-19

10. Gunakan sarung tangan sekali pakai untuk melindungi diri Anda ketika harus mencuci baju, seprei, selimut atau apa pun yang digunakan pasien.

Cuci barang-barang tersebut menggunakan air panas dan keringkan sepenuhnya.

Pastikan Anda tidak mengibaskan baju, seprei atau selimut tersebut sebelum benar-benar memasukkannya ke mesin cuci.

Setelah tugas mencuci selesai, segera buang sarung tangan Anda, dan cuci tangan Anda hingga bersih.

Sumber: The List

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer