Sukses


6 Cara Menghindari Sakit Punggung akibat WFH saat Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Jika Anda harus tetap mengerjakan seabrek tugas dari rumah (work from home) di masa pandemi virus Corona ini, Anda bukanlah satu-satunya orang yang melakukan hal itu.

Masuknya virus Corona ke wilayah di Indonesia, disikapi pemerintah dengan mengeluarkan imbauan agar warga tetap berada di rumah. Warga di berbagai wilayah disarankan tidak keluar rumah, kecuali memiliki kepentingan mendesak.

Perusahaan mematuhi imbauan tersebut dengan menutup kantor mereka untuk sementara, dan meminta para karyawan untuk melakukan tugas mereka di rumah masing-masing atau work from home.

Hal tersebut dilakukan untuk meredam makin meluasnya penyebaran virus corona.

Dengan meminta karyawan bekerja dari rumah, hal tersebut juga mendukung gerakan menjaga jarak fisik (social distancing) yang digaungkan pemerintah, agar warga tetap menjaga jarak untuk meminimalisasi tertular virus Corona.

Satu di antara hal perlu Anda dilakukan saat bekerja di rumah adalah mengatur ulang kebiasaan, karena kondisi berkerja di rumah sangat berbeda dengan kondisi yang ada di kantor.

Jika Anda sering bekerja di depan komputer atau laptop, Anda perlu menemukan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas anda di rumah.

Posisi yang salah ketika Anda duduk menghadap laptop, bisa menyebabkan sakit atau nyeri pada punggung karena posisi duduk berkontribusi dalam memberikan tekanan pada otot leher dan juga punggung.

Selain itu, kebiasaan duduk terlalu lama juga menjadi alasan mengapa nyeri punggung muncul.

Dengan masa darurat Corona diperpanjang, kemungkinan masa Anda bekerja dari rumah juga akan bertambah.

Bola.com telah merangkum dari The List, cara menghindarkan Anda dari sakit punggung ketika bekerja dari rumah alias work from home (WFH), Jumat (27/3/2020).

2 dari 3 halaman

Pakai Bantal

1. Ubah Posisi Duduk

Terapis Karen Jacobs mengatakan kepada CNBC bahwa satu hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari sakit punggung adalah mengubah posisi duduk anda sepanjang hari.

Hal tersebut dapat membuat otot agar tidak terlalu tegang karena terlalu lama duduk dalam posisi yang sama.

Jacobs juga menjelaskan bertahan pada satu posisi terlalu lama dapat menyebabkan tidak hanya sakit punggung, tetapi juga sakit leher dan bahu.

Membuat otot lebih lemas menjadi satu di antara kunci agar sakit punggung tidak menyerang Anda.

Terapis fisik, Eric Robertson, merekomendasikan perubahan posisi duduk pada setiap jam, mungkin dari duduk di meja dapur, kemudian berpindah di sofa, dan sesekali berdiri untuk meregangkan badan agar otot tidak menjadi lebih kaku. 

2. Bantal Penyangga

Bantal juga dapat membuat sebuah perbedaan besar. Eric Robertson merekomendasikan untuk meletakkan bantal tipis atau handuk lembut di bawah tempat duduk.

Hal tesebut dilakukan agar posisi duduk Anda lebih nyaman.

Bantal atau gulungan handuk juga dapat membantu mengatasi sakit punggung bagian bawah saat diletakkan di antara punggung dan kursi Anda.

3. Sikap Mengetik

Hal lain yang mungkin dapat Anda lakukan adalah, mengubah posisi mengetik setiap jam. Usahakan siku tangan Anda membentuk sudut 90 derajat dari posisi laptop. Kaki yang menapak di lantai juga dapat menjadi solusi untuk duduk yang lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Istirahat

4. Posisi Laptop

Penting juga untuk menempatkan komputer atau laptop Anda di posisi yang tepat.

Untuk monitor PC sebaiknya diletakkan tepat di bawah ketinggian Mata anda gar posisi duduk akan terasa lebih pas dan nyaman

Cara lain, Anda bisa sesekali meletakkan laptop di atas tumpukan buku atau kardus sepatu sehingga pas dengan sudut pandang Anda. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari kelelahan mata, khususnya saat membaca dari laptop.

5. Istirahat

Saran terpenting adalah, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Karen Jacobs menyarankan untuk menyetel pengatur waktu Anda sebagai pengingat untuk break, tiga hingga lima menit setiap 30 menit.

Saat jeda itu, usahakan Anda melakukan aktivitas fisik ringan. 

Sumber: The List

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer