Sukses


Anjuran WHO: Cara dan Waktu Memakai Masker untuk Melindungi Diri dari COVID-19

Bola.com, Jakarta - Sejak pandemi virus corona masuk ke Indonesia, orang ramai menggunakan masker sebagai alat pelindung diri. Tujuannya, untuk mencegah agar tidak terpapar virus ini.

Seperti diketahui, penularan virus corona terjadi sangat cepat, terlebih jika seseorang terkena tetesan air atau droplet dari penderita positif COVID-19. Tetesan air atau droplet yang menyertai ketika orang yang terpapar itu bersin atau batuk.

Permintaan masker pun menjadi masif dan membuat masker makin langka.

Perlu diketahui, pemakaian atau penggunaan masker harus mengikuti standar kesehatan yang berlaku.

Pasalnya, masker yang telah digunakan justru bisa menjadi media penularan virus dan agen penyebab penyakit, yang tentu saja ini menjadi sangat berbahaya.

Selain itu, Anda harus cermat memilih ketika membeli dan mengerti fungsi masing-masing masker tersebut.

Jika menggunakan masker bedah, pastikan sisi luar adalah yang berwarna hijau dan sisi dalam berwarna putih. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu secara sempurna.

Buang masker ke tempat sampah dan cuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer hingga bersih setelah menggunakan masker.

Di sisi lain,  penggunaan masker medis seharusnya diperuntukan orang yang merawat orang sakit dan penderita penyakit COVID-19 untuk mencegah penularannya.

Dilansir dari laman WHO, orang sehat tidak perlu menggunakan masker. Cara terbaik melindungi diri adalah dengan menjaga kebersihan tangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh serta pola gaya hidup yang sehat.

Bola.com telah merangkum dari WHO, penggunaan masker secara benar agar terhindar dari terinfeksi COVID-19, Selasa (31/3/2020).

2 dari 3 halaman

Cara Memakai Masker

  • Sebelum mengenakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air.
  • Tutupi mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker Anda.
  • Hindari menyentuh masker saat menggunakannya; jika Anda melakukannya, bersihkan tangan Anda dengan alkohol atau sabun dan air.
  • Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai.

Untuk melepaskan masker

  • Lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan topeng)
  • Segera buang di tempat sampah tertutup.
  • Bersihkan tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol.
3 dari 3 halaman

Waktu Menggunakan Masker

  • Jika Anda sehat, Anda hanya perlu memakai masker ketika merawat orang yang diduga terinfeksi COVID-19.
  • Kenakan masker jika Anda batuk atau bersin.
  • Masker hanya efektif bila digunakan bersama dengan pembersih tangan yang sering dilakukan dengan alkohol atau sabun dan air.
  • Jika Anda mengenakan masker, Anda harus tahu cara menggunakannya dan membuangnya dengan benar.

Sumber: WHO

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Gronya Somerville

Video Populer

Foto Populer