Sukses


5 Hal Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Anda di Tengah Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 menjadi hal yang sering dibicarakan masyarakat dunia pada beberapa bulan terakhir ini. Organisasi kesehatan dunia (WHO), menyebutkan hampir 700 ribu orang di berbagai penjuru dunia telah terpapar virus corona.

Hal tersebut dapat menimbulkan rasa cemas dan stres bagi kebanyakan orang, karena khawatir dapat tertular.

Banyak upaya yang dilakukan sebagai upay agar tidak tertular virus Corona SARS-CoV-2. Mulai menjaga jarak hingga karantina mandiri selama 14 hari.

Gerakan social-physical distancing (menjaga jarak) yang digaungkan pemerintah, belakangan menjadi problem tersendiri bagi sebagian kalangan, karena mereka merasa diharuskan berjauhan dengan keluarga, sahabat dekat, hingga teman kerja.

Menjaga kesehatan menjadi faktor utama yang harus dilakukan untuk terhindar dari virus corona. Lemahnya metabolisme dan imunitas lemah akan mempermudah virus corona menyerang tubuh.

Mengonsumi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan menjadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat.

Selain memperhatikan makanan yang kita konsumsi, kita juga dapat berolahraga agar sirkulasi darah yang mengalir tetap lancar.

Ada beberapa cara lain yang dapat meningkatkan kesehatan, mulai meditasi, memperbaiki pola makan, dan meminum air putih secara rutin.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, lima hal yang dapat meningkatkan kesehatan Anda di tengah pandemi virus corona.

2 dari 3 halaman

Hindari Minuman Bergula

1. Meminum Lebih Banyak Air

Meminum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membuat tubuh Anda makin sehat. Meminum air secara rutin dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. 

Selain itu, air juga memperlancar aliran nutrisi ke semua organ dan membantu ginjal dan hati Anda membuang limbah dan zat berbahaya dari tubuh.

Jadi, minumlah air putih secara rutin, terutama di pagi hari, agar Anda dapat memulai hari dengan badan yang sehat dan segar.

2. Berlatih Meditasi

Dalam artikel kesehatan yang diterbitkan oleh John Hopkins University menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu meredakan kecemasan, depresi, dan rasa sakit yang timbul pada bagian tubuh tertentu. 

Anda dapat mulai meditasi dengan duduk tenang dan nyaman serta fokus pada pernapasan. Melakukan meditasi setidaknya selama lima menit per hari dapat sangat membantu menyeimbangkan pikiran dan tubuh.

3. Hindari Minuman Bergula

Hindari meminum air soda karena hal tersebut sangat tidak sehat bagi tubuh. Satu botol minuman bersoda mengandung paling tidak 10 sendok teh gula.

Sebuah studi menunjukan, meminum sebotol minuman bersoda dalam satu hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular pada pria sebesar 20 persen dan meningkatkan risiko diabetes pada wanita sekitar 25 persen. Tentunya hal yang sangat merugikan bagi kesehatan tubuh.

Bahkan meminum diet soda juga bukan pilihan yang tepat, walau mengandung gula tidak sebanyak minuman bersoda non-diet, hal tersebut tetap berbahaya bagi kesehatan tubuh.

3 dari 3 halaman

Mengatur Waktu Tidur

4. Mengatur Waktu Tidur

Seiring bertambahnya usia pada seseorang, makin sulit sulit pula untuk mendapatkan porsi tidur yang cukup. Kurangnya tidur dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh, karena terganggunya tingkat hormon dalam tubuh yang bertugas dalam mengatur metabolisme.

Dengan demikian kurang tidur dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan stres.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa beberapa orang telah tidur pada kasur yang sama selama bertahun-tahun berpotensi membuat tidur menjadi tak nyaman. Hal itu berarti tidak mendapatkan porsi tidur yang cukup berkualitas.

5. Mengonsumsi Multivitamin

Mungkin Anda tidak sadar vitamin dan mineral apa yang anda lewatkan karena tidak mengonsumsi multivitamin yang tepat. Sedikitnya asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dapat memicu ketidakseimbangan dalam sistem kerja metabolisme tubuh.

Asupan makanan yang tidak tepat dan kurangnya variasi dalam makanan yang kita konsumsi, menjadi alasan tak tercukupinya nutrisi dalam tubuh kita.

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat vitamin yang terkandung di dalamnya sehingga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dapat terpenuhi dengan tepat.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer