Sukses


5 Manfaat Jahe Merah, Dipercaya Bisa Menangkal Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Jahe merah merupakan satu di antara jenis jahe yang kerap digunakan sebagai minuman herbal. Banyak manfaat jahe merah untuk kesehatan, termasuk dipercaya bisa menangkal virus corona.

Jenis tanaman rimpang atau rhizoma ini memang seringkali dijadikan sebagai campuran minuman atau rempah masakan oleh masyarakat Indonesia.

Jahe merah mudah dibedakan dengan jahe "biasa", karena memiliki permukaan kulit berwarna merah.

Selain itu, jahe merah juga memiliki manfaat lain yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Jahe merah memiliki aktivitas sebagai immunomodulator untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Manfaat satu ini mampu membantu pasien COVID-19, khususnya yang sedang dalam masa pemulihan.

Dilansir dari Alo Dokter, jahe mengandung senyawa aktif bernama gingerol yang ditengarai bisa melawan respiratory syncytial virus penyebab infeksi saluran pernapasan.

Meski hingga saat ini belum ada studi yang menunjukkan kemampuan jahe merah dalam melawan infeksi virus corona, tak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi jahe merah. 

Anda bisa mendapatkan manfaat jahe merah dalam bentuk minuman, yang akan lebih nikmat apabila dikonsumsi selagi dalam kondisi panas.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat jahe merah selain diyakini menangkal virus corona penyebab COVID-19, Rabu (1/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Meredakan Gejala Peradangan Pada Paru-Paru

Jahe merah memiliki kandungan gingerol dan shoganol yang berguna untuk memberikan efek immunomodulator. Immunomodulator adalah senyawa tertentu yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh baik secara spesifik maupun non-spesifik .

Jahe merah juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meredakan gejala peradangan berlebih pada paru-paru.

3 dari 6 halaman

2. Menambah Stamina

Jahe merah dipercaya bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan membentuk otot lebih baik. Mengonsumsi jahe merah dapat meningkatkan kebugaran fisik dan menambah stamina.

4 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Secara umum, orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, rentan terinfeksi COVID-19. Dengan mengonsumsi jahe merah dipercaya mampu meningkatkan sistem imunintas tubuh dan memiliki risiko rendah terinfeksi virus corona.

Rutin mengonsumsi jahe merah menjadikan Anda memiliki sistem imun yang kuat karena rempah ini mampu melawan virus serta bakteri yang ada dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Aktivitas farmakologis pada jahe merah mampu mencegah penyakit kronis degeneratif, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Selain itu, jika Anda memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, bisa menjadi penyebab utama terserang penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan satu di antara penyakit paling mematikan di dunia. Rutin mengonsumsi jahe merah dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta memiliki risiko rendah terjangkit penyakit jantung.

6 dari 6 halaman

5. Meredakan Gejala Batuk dan Sakit Tenggorokan

Gejala umum orang terjangkit virus corona adalah batuk kering. Mengonsumsi jahe merah dipercaya membantu meredakan gejala tersebut.

Jahe merah memiliki sensasi hangat ketika dikonsumsi. Kandungan flavonoid yang ada dalam jahe merah berguna sebagai penawar batuk atau peradangan di tenggorokan.

Selain itu, sifat antiinflamasi yang ada di dalam jahe merah membantu meredakan gejala batuk dan efektif menyembuhkan gejala sakit tenggorokan.

Walau begitu, ingat bahwa jahe merah belum terbukti dapat mencegah infeksi virus corona, apalagi menyembuhkannya.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Rexona Men Soccer Stars Challenge | Episode 1 : Bachdim vs Andritany

Video Populer

Foto Populer