Sukses


6 Jenis Makanan untuk Membantu Atasi Kecemasan akibat Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona memunculkan dampak beragam, baik di level personal hingga tataran yang jauh lebih besar. Di level personal, perubahan mendadak atas rutinitas sehari-hari berpotensi memunculkan gangguan kesehatan fisik dan mental.

Seseorang bisa merasakan kecemasan, khawatir, hingga takut dengan situasi yang dihadapi sekarang.

Kecemasan dapat menyerang pada usia berapa pun.

Rasa cemas yang muncul sesekali, terutama ketika menghadapi situasi yang membuat stres atau khawatir, sebenarnya hal yang normal dan dapat reda dengan sendirinya.

Namun, kecemasan berkepanjangan bisa mengganggu kesehatan tubuh dan memiliki risiko daya tahan tubuh menjadi lemah.

Terkait itu, virus corona rentan menyerang orang yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga sebaiknya Anda tak perlu terlalu cemas dan khawatir karena hal itu bisa menjadi bumerang.

Jika saat ini Anda merasa gelisah, cemas, dan khawatir secara berlebihan, ada baiknya mencoba untuk menenangkan diri atau melakukan relaksasi.

Satu di antara cara relaksasi yang mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu.

Ya, ada beberapa jenis makanan yang diyakini bisa membantu untuk meredakan kecemasan yang Anda rasakan. Apa saja itu? 

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020), makanan yang bisa membantu mengatasi kecemasan yang mungkin dirasakan akibat pandemi COVID-19.

2 dari 4 halaman

1. Alpukat

1. Alpukat

Ras cemas juga bisa jadi gejala Anda kekurangan vitamin B. Mengonsumsi alpukat sangat tepat, karena buah ini merupakan sumber vitamin B, vitamin yang penting untuk otak dan sel-sel saraf yang sehat.

Selain kaya akan vitamin B, alpukat juga mengandung potasium, protein, dan lemak tak jenuh.

Kandungan protein yang ada di buah alpukat lebih tinggi dibandingkan beberapa buah lain.

Buah alpukat memiliki kandungan rendah gula dan kaya akan serat. Mengonsumsi alpukat membantu Anda merasa lebih tenang.

2. Kacang Mete

Kacang mete memiliki asam lemak yang membantu fungsi selubung neuron myelin untuk menjaga saraf dalam tubuh. Kacang mete juga kaya akan seng yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi kacang mete efektif mengatasi kecemasan. Hormon serotonin yang dihasilkan setelah mengonsumsi kacang mete membuat mengobati kecemasan dan depresi.

Selain itu, kacang mete juga memiliki kandungan magnesium, satu di antara nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem saraf yang sehat.

3 dari 4 halaman

Jeruk

3. Susu

Telah terbukti mengonsumsi susu hangat mampu mengatasi gangguan susah tidur dan gelisah. Kandungan vitamin B12, protein, dan kalsium yang ada dalam susu mampu menurunkan tekanan darah dan membantu Anda merasa tenang.

Selain itu, otot akan mengendur akibat stres karena manfaat kandungan kalium yang ada dalam susu.

4. Jeruk

Jeruk sangat familier sebagai sumber vitamin C. Jeruk mampu menurukan kortisol atau hormon stres.

Selain itu, mengonsumsi jeruk mampu menurunkan tekanan darah. Aroma yang dihasilkan oleh jeruk juga membuat Anda merasa lebih tenang.

4 dari 4 halaman

Blueberi

5. Blueberi

Blueberi mudah ditemukan dalam campuran smoothies. Blueberi mengandung vitamin C dan sifat antioksidan.

Mengonsumsi blueberi mampu menghilangkan kecemasan dan stres serta memperbaiki sel-sel yang rusak dengan sifat antioksidannya.

6. Cokelat

Cokelat memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Sifat antioksidan yang ada dalam cokelat mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Cokelat yang memiliki rasa manis mampu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan ampuh mengatasi kesedihan yang melanda. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi cokelat.

Cokelat mengurangi produksi kortisol. Mengonsumsi cokelat meningkatkan hormon serotonin dan membantu suasana hati lebih baik. 

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer