Sukses


10 Cara Mengonsumsi Makanan Sehat dengan Bujet Minim

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi makanan sehat semestinya jadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari kemungkinan terserang berbagai penyakit.

Sesuai namanya, makanan sehat mengandung banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin, zat besi, protein, dan lemak. 

Sering tidak kita sadari makanan yang kita konsumsi setiap hari merupakan makanan yang kurang sehat bahkan berbahaya bagi tubuh.

Mengonsumsi makanan seperti itu dalam jangka panjang bisa memunculkan risiko yang lebih tinggi bagi tubuh, termasuk mendatangkan penyakit seperti kanker dan diabetes.

Jadi, hindari makanan yang tidak baik bagi tubuh, seperti makanan yang terlalu banyak mengandung gula, makanan dengan kadar lemak jahat, dan berbagai makanan cepat saji yang memiliki efek buruk.

Sebagai gantinya, Anda dapat beralih mengonsumsi makanan sehat setiap hari agar tubuh tetap segar dan sehat.

Anda mungkin bisa mempertimbangkan mengonsumsi secara rutin beberapa jenis makanan sehat seperti daging ikan, dada ayam, sayuran, dan buah-buhan.

Mungkin Anda berpikir menyiapkan makanan sehat setiao hari akan cukup banyak menguras kantong Anda, karena bahan-bahan berkualitas bisa jadi berharga mahal.

Namun, hal tersebut dapat Anda hindari jika mengetahui cara yang benar untuk dapat mengonsumsi makanan yang sehat dengan bujet yang cukup minim.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Healthline, Sabtu (4/4/2020), 10 cara mengonsumsi makanan sehat dengan bujet minim.

2 dari 4 halaman

Merencanakan Makanan

1. Merencanakan makanan yang akan dikonsumsi

Dalam rangka menghemat uang, ada baiknya Anda merencanakan apa yang akan dikonsumsi sebelum berbelanja.

Buat daftar belanjaan untuk satu minggu sesuai menu apa saja yang sudah Anda siapkan.

Jangan lupa untuk mengecek ulang bahan apa saja yang sudah Anda miliki di lemari es dan dapur sehingga Anda tidak harus membeli bahan sama yang sudah dimiliki.

2. Disiplin

Setelah membuat menu masakan dan daftar belanjaan, displin dengan hanya belanja segala kebutuhan yang sudah ada dalam daftar.

Sebisa mungkin jauh membeli barang yang ada di luar daftar belanja karena hal tersebut dapat menyebabkan Anda mengeluarkan uang lebih banyak.

3. Memasak di Rumah

Memasak makanan Anda sendiri di rumah akan jauh lebih murah daripada membeli makan dari luar.

Selain lebih murah, memasak di rumah juga dapat menjadikan makanan tersebut lebih sehat karena Anda dapat mengatur berbagai macam bahan yang dipakai untuk memasak.

4. Memasak dengan porsi besar dan menyimpan sisanya di Lemari Es

Memasak dalam porsi besar dapat menghemat waktu dan uang. Makanan dalam porsi besar juga dapat dinikmati bersama satu keluarga dan tak perlu membeli makanan lagi dari luar.

Jika Anda mendapati makanan yang telah dibuat masih meninggalkan sisa, makanan tersebut dapat disimpan di lemari es, dan Anda dapat memanaskannya jika lapar di lain waktu.

3 dari 4 halaman

Jangan Berbelanja Saat Anda Lapar

5. Jangan berbelanja saat lapar

Jika Anda pergi ke supermarket dalam keadaan lapar, Anda akan cenderung membeli bahan makanan dengan nafsu dan berujung membeli bahan yang tak dibutuhkan.

Pastikan Anda berangkat ke supermarket dalam keadaan perut terisi, mungkin Anda dapat memakan sepotong kue atau yogurt sebelum meninggalkan rumah agar perut terisi.

6. Berhenti membeli makanan cepat saji

Hapus makanan cepat saji dari daftar makanan yang sering Anda beli dan konsumsi. Mungkin Anda akan terkejut dengan banyaknya uang yang Anda keluarkan untuk membeli soda, keripik kentang, dan sebuah burger.

Terlepas dari efek buruk yang mereka miliki, makanan cepat saji juga memiliki harga yang cukup mahal. Dengan menghapus jenis makanan ini dari daftar makanan, mungkin dapat membuat Anda lebih berhemat.

7. Membeli jenis potongan daging yang lebih murah

Biasanya daging sapi dan ikan segar akan sangat mahal, namun ada banyak jenis potongan yang memiliki harga lebih murah yang dapat Anda beli.

Daging dengan potongan yang lebih murah tetap dapat Anda olah menjadi masakan yang lezat, seperti semur, sop daging, dan daging goreng.

4 dari 4 halaman

Ganti Daging dengan Protein Lain

8. Ganti daging dengan protein lain

Mengurangi membeli dan mengonsumsi daging mungkin menjadi cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat uang belanja.

Namun, Anda tak perlu takut untuk kekurangan protein, karena Anda tetap bisa mendapatkannya dari makanan yang mengandung protein lainnya. Biji-bijian, kacang-kacangan, telur dan ikan kaleng mungkin bisa menjadi opsi untuk mendapatkan sumber protein selain dari daging.

9. Belanja produk yang sedang Musim

Produk lokal yang sedang musim mungkin akan memiliki harga yang cukup murah untuk Anda beli. 

Produk yang sedang tidak dalam musimnya dan dijual di supermarket mungkin didatangkan dari wilayah lain yang akan membuat harga makanan tersebut menjadi lebih mahal.

10. Menanam sumber makanan sendiri

Menanam sumber makanan seperti kentang, jagung, segala jenis sayuran dan buah, mungkin menjadi hal yang dapat menghemat bujet belanja makanan Anda.

Hal tersebut dikarenakan Anda tak perlu keluar rumah untuk membeli sumber makanan yang Anda butuhkan dan mengeluarkan uang untuk membelinya di supermarket karena segalanya telah tersedia di kebun milik Anda.

Sumber : Healthline

Video Populer

Foto Populer