Sukses


Syarat Beraktivitas Fisik di Luar Rumah di Tengah Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Saat ini masyarakat Indonesia sedang menjalani karantina mandiri sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus corona sesuai imbauan pemerintah. Dengan karantina mandiri, masyarakat berdiam diri di rumah minimal selama 14 hari.

Masyarakat diminta untuk tidak meninggalkan rumah dan bepergian untuk alasan yang tidak mendesak. Hal itu berarti, masyarakat tetap bisa beraktivitas di luar rumah, hanya untuk alasan penting.

Di masa karantina mandiri, masyarakat juga masih bisa melakukan aktivitas fisik di luar rumah, terutama untuk berolahraga.

Olahraga menjadi satu di antara cara menjaga tubuh tetap bugar dan segar serta sistem kekebalan tubuh, yang berujung pada minimnya potensi terpapar virus corona.

Seperti dilansir dari Antara, Sabtu (4/4/2020), beberapa ahli di beberapa negara seperti ahli viroligi dari Bernhard Nocht Institute for Tropical Medicine, Hamburg, Jerman, Jonas Schmidt-Chanasit, Kevin Winthrop (Oregon Health Sciences University di Portland),Crystal Watson (ahli kesehatan dari Johns Hopkins Centre), serta Saad Omer (ahli penyakit infeksi dari Yale School of Medicine), membenarkan bahwa seseorang masih bisa keluar rumah untuk melakukan aktivitas fisik di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini.

Kevin Winthrop menuturkan ada beragam aktivitas fisik yang bisa dilakukan, seperti bersepeda dan joging.

Meski begitu, para ahli tersebut mengingatkan, aktivitas fisik di luar rumah saat pandemi COVID-19 hanya bisa dilakukan asalkan memenuhi beberapa syarat. Jika tidak, Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik di rumah, mungkin bisa dengan bantuan video-video latihan di internet maupun aplikasi di ponsel.

Seperti apa syarat boleh beraktivitas fisik di luar rumah saat pandemi virus corona? Berikut beberapa di antaranya.

2 dari 2 halaman

Syarat Boleh Beraktivitas Fisik di Luar Rumah saat Pandemi Virus Corona

  • Pilih aktivitas fisik yang dilakukan sendirian, tidak beramai-ramai, seperti joging atau berjalan kaki di taman sendirian
  • Tetap menjaga jarak, sekitar dua meter, selama melakukan aktivitas fisik di luar rumah apabila bertemu orang lain
  • Hindari menyentuh benda-benda yang biasanya orang-orang sentuh, misalnya peralatan berolahraga di taman
  • Pastikan mencuci tangan setelah beraktivitas fisik
  • Segera pulang jika tujuan Anda beraktivitas fisik ramai orang

Sumber: Antara

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer