Sukses


7 Cara Simpel agar Anda Dapat Mengonsumsi Lebih Banyak Sayuran

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi seperti sayur-sayuran sangat bermanfaat dan menjaga kesehatan tubuh, khususnya dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

Sesuai nama yang diberikan, makanan sehat mengandung berbagai nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh, seperti vitamin dan berbagai jenis mineral lainnya.

Mengonsumsi sayuran setiap hari juga dapat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah risiko terkena berbagai macam penyakit serius.

Ada berbagai cara mengonsumsi sayuran, seperti mengonsumsinya secara mentah atau membuatnya sebagai masakan dengan berbagai jenis resep yang bisa Anda praktikkan setiap hari agar tidak bosan.

Mengonsumsi sayuran harus dilakukan secara rutin setiap hari jika Anda ingin mendapatkan khasiatnya bagi tubuh.

Namun, ada beberapa orang yang tidak suka memakan sayuran. Mungkin karena rasanya yang kurang lezat dibandingkan jenis makanan lain yang sering dikonsumsi, atau penampilannya yang tidak menarik.

Ada beberapa cara sederhana agar kita dapat mengonsumi sayuran secara rutin setiap hari, seperti sayuran yang dimasukan ke dalam sup, membuat kebab sayuran, dan mencampurkannya dengan salad tuna yang sangat lezat.

Berikut Bola.com merangkum dari Healthline, Senin (6/4/2020), tujuh cara sederhana yang dapat Anda lakukan agar dapat mengonsumsi lebih banyak sayuran setiap hari.

2 dari 4 halaman

Membuat Sup dari Sayuran

1. Membuat sup dari sayuran

Membuat sup adalah cara terbaik untuk mengonsumsi beberapa sayuran secara bersamaan. Anda dapat membuat sup dari berbagai macam jenis sayuran.

Selain itu sangat mudah untuk memasak sup dengan bahan dasar kaldu krim dan juga sayuran. Menambahkan sedikit sayuran tambahan, seperti brokoli ke dalam sup adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral.

2. Menambahkan sayuran ke dalam saus

Menambahkan sayuran ke dalam saus yang sedang Anda buat mungkin menjadi cara mudah dan sederhana untuk meningkatkan asupan sayuran Anda.

Mungkin Anda dapat menambahkan beberapa jenis sayuran ke dalam saus pasta atau piza yang sedang Anda buat.

Hal lain seperti beberapa jenis sayuran yang dihaluskan menjadi satu dan ditambahkan beberapa rempah dapat menjadi saus yang lezat untuk beberapa masakan yang sedang dibuat.

3. Membuat adonan Piza dari kembang kol

Kembang kol sangat serbaguna dan ada banyak cara unik untuk memasukkannya ke makanan Anda. Satu di antara caranya adalah mengganti adonan piza dengan kembang kol.

Adonan piza yang biasanya dibuat dari tepung, kali ini Anda dapat menggantinya dengan tumbukan kembang kol yang dicampur dengan telur.

Setelah itu, Anda juga dapat menambahkan berbagai macam toping kesukaan Anda. Menambahkan beberapa jenis sayuran di atasnya juga dapat menambah kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

3 dari 4 halaman

Membuat Smoothie Sayuran

4. Membuat smoothie sayuran

Smoothie dapat Anda jadikan sarapan atau minuman yang dapat membuat perut kenyang. Smoothie biasanya dibuat dengan campuran es, buah-buahan, dan susu yang dihaluskan.

Namun, ada beberapa orang yang menambahkan berbagai jenis sayuran ke dalam smoothie yang mereka buat, dan tidak mengurangi rasa lezat dari smothie itu sendiri.

Menjadikan sayuran sebagai tambahan saat membuat smoothie menjadi hal biasa bagi beberapa kalangan.

Sayuran yang memiliki daun hijau segar adalah sayuran yang sangat direkomendasikan untuk membuat smoothie.

Menambahkan bayam dan kangkung ke smoothie buah-buahan adalah cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dan tidak mengurangi rasa lezat dari smoothie buah yang Anda bikin.

5. Memasak omelet dengan sayuran

Omelet adalah hidangan yang bagus untuk dimasukkan ke program diet jika Anda ingin makan lebih banyak sayuran.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Goreng telur yang telah dikocok dan dicampur dengan berbagai jenis sayuran, jangan menggorengnya terlalu matang, agar mendapatkan manfaat dari sayuran.

Mencampurkan sayuran jenis apa pun akan terasa lezat jika dicampurkan dengan omelet. Anda bisa memakannya ketika sarapan atau ketika perut Anda merasa lapar.

4 dari 4 halaman

Membuat Kebab dari Sayuran

6. Membuat kebab dari sayuran

Kebab adalah satu di antara makanan favorit yang mungkin sering Anda makan ketika lapar.

Jika Anda ingin menambah asupan sayuran pada tubuh, mungkin membuat kebab yang berisi penuh dengan sayuran menjadi pilihan yang sangat tepat.

Pilih beberapa sayuran, dan panggang secara bersamaan di atas api, berikan sedikit saus yang dapat menambah rasa pada kebab yang Anda buat, lalu bungkus dengan roti.

Selain nikmat kebab ini juga memberi Anda manfaat nutrisi yang diberikan oleh sayuran.

7. Tambahkan sayuran ke dalam salad tuna

Menambahkan sayuran ke salad tuna adalah cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak sayuran ke makanan Anda.

Secara umum, salad tuna dibuat dengan mencampurkan tuna dengan mayones, tetapi segala jenis sayuran cincang dapat ditambahkan untuk meningkatkan rasa dan kandungan nutrisi.

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer