Sukses


10 Tips Agar Tak Tertular Jika Ada Anggota Keluarga yang Positif Virus Corona Penyebab COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona penyebab COVID-19 membuat siapapun waspada terhadap kondisi kesehatan dan lingkungan. Namun, kadang usaha tersebut tak juga berhasil, dan ada anggota keluarga Sahabat Bola.com yang terkena virus tersebut.

Oleh kerana itulah, penting bagi setiap orang belajar dasar-dasar tentang melindungi diri dan anggota keluarga agar tidak terkena virus corona COVID-19. Termasuk di dalam kriteria ini adalah kemungkinan ada keluarga yang terinfeksi virus corona.

Situasi juga bisa bagi Sahabat Bola.com yang tak dapat menjauhkan diri dari orang yang terinfeksi corona. Walhasil, pengetahun seputar virus corona sangat penting.

Social distancing merupakan cara yang paling efektinf untuk pencegahan. Selain itu menjaga kebersihan tangan dan mensterilkan permukaan benda di rumah sangat perlu dilakukan saat ini.

Medical Daily merilis, agar tidak ikut terinfeksi virus corona, perlu melakukan zona isolasi. Langkah ini penting dilakukan jika anggota keluarga yang tinggal dengan Sahabat Bola.com telah didiagnosis positif virus corona penyebab COVID-19 dan perlu dirawat di rumah.

 

2 dari 4 halaman

Siapkan Ruangan Terpisah untuk Si Penderita

Lantas bagaimana cara menjaga orang lain supaya tidak tertular virus corona? Berikut 10 cara supaya tak tertular virus corona jika anggota keluarga ada yang terinfeksi:

Cara yang pertama adalah menyiapkan ruang terpisah untuk keluarga yang positif terkena virus corona penyebab Covid-19. Jika terbatas ruangannya, bisa menjaga jarak setidaknya 6 kaki antara orang yang sakit dengan orang lain di dalam rumah.

Kemudian, cara ke dua adalah lebih baik juga menggunakan kamar mandi terpisah. Namun jika di rumah tidak ada kamar mandi lain lagi, anggota keluarga yang sakit tersebut harus membersihkan kamar mandi setelah digunakan.

Sahabat Bola.com juga membiarkan kamar mandi terbuka hingga 30 menit setelah digunakan si penderita. Jangan lupa selalu menutup toilet sebagai upaya membatasi partikel virus di lubang toilet supaya tidak menyebar di udara.

 

3 dari 4 halaman

Rumah Memiliki Ventilasi yang Cukup

Cara ke tiga adalah memastikan rumah memiliki ventilasi yang cukup banyak. Lebih baik juga ada filter udara dan pembersih udara. Karena udara yang lembab dapat menyebabkan virus bisa hidup lebih lama. Aturan kelembapan udara yang ideal adalah antara 40-60 persen.

Ke empat, anggota keluarga yang sakit harus menggunakan masker dan pelindung kepala jika ia berada di sekitar anggota yang lain. Jangan lupa untuk selalu mendisinfeksi semua permukaan yang habis digunakan orang yang sakit.

Cara ke lima adalah, hindari penggunaan perlatan bersama, seperti gelas, piring, handuk, tempat tidur, dan juga barang-barang lainnya.

Ke enam, jika Sahabat Bola.com memiliki hewan peliharaan di rumah, jangan biarkan anggota keluarga yang sakit tersebut berinteraksi dengan hewan peliharaan. Ini untuk mencegah penularan virus dari manusia ke hewan.

 

4 dari 4 halaman

Bersihkan Seluruh Permukaan dengan Disinfektan

Cara ke tujuh, selain peralatan makan, bersihkan juga dengan disinfektan semua permukaan yang sering disentuh, seperti meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, peralatan makan, gagang telepon, keyboard. Bersihkan barang-barang itu setiap hari.

Kemudian, ketika Sahabat Bola.com hendak membersihkan benda-benda di rumah, gunakan sarung tangan sekali pakai. Jauhkan barang-barang kotor dari tubuh.

Nah setelah itu, masukkan sarung tangan bekas, masker sekali pakai, dan barang-barnag yang sudah terkontaminasi lainnya ke dalam kantong sebelum membuangnya. Terakhir, pastikan Sahabat Bola.com terus memantau kesehatan si penderita. Jika ada gejala yang lebih parah maka segera hubungi petugas kesehatan.

Itulah 10 cara menjaga agar tidak tertular virus corona saat ada anggota keluarga ada yang terinfeksi. Dengan upaya pencegahan penularan lebih baik untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Jangan asingkan keluarga yang terinfeksi virus. Tetap dukung dia supaya tidak putus asa untuk melewati ini bersama.

Sumber : Medical Daily

Disadur dari : Dream.co.id

Penulis : Arini Saadah (3/4/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer