Sukses


7 Cara Mengatasi Ketombe, Mudah Anda Lakukan

Bola.com, Jakarta - Ketombe merupakan satu di antara masalah kulit kepala yang disebabkan karena banyak faktor, semisal tidak menjaga kebersihan rambut, diet, sakit, rambut kerap ditutup sehingga panas, dan lain sebagainya.

Ketombe akan muncul saat terjadi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Ketombe merupakan masalah yang bisa dialami setiap orang, baik wanita maupun laki-laki.

Kulit kepala berketombe sangat menganggu serta mengurangi rasa percaya diri.

Bagaimana tidak, jika ketombe jatuh dan menempel pada baju yang berwarna gelap? Tentu bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri dalam berpenampilan.

Selain serpihan putih yang muncul di rambut, ketombe juga bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala.

Dilansir dari SehatQ, penyebab munculnya ketombe yang paling sering adalah kulit kepala terlalu berminyak atau terlalu kering. Makin berminyak kulit kepala seseorang, makin besar kemungkinan jamur malassezia berkembang biak dan menyebabkan ketombe.

Kondisi itulah yang membuat seseorang melakukan segala cara untuk mengatasi masalah ketombe. Bahkan, tak sedikit yang melakukan perawatan dengan mengeluarkan biaya mahal, hanya untuk membasmi ketombe dan memiliki kulit kepala sehat.

Sebelum mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan, ada baiknya Anda mencoba beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Berikut hasil rangkuman Bola.com dari berbagai sumber, cara menghilangkan ketombe, Rabu (8/4/2020).

2 dari 8 halaman

1. Gunakan Sampo Antiketombe

Sampo antiketombe umumnya mengandung zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida. Selain mengatasi ketombe, sampo antiketombe juga bisa meredakan gejala-gejala yang disebabkan oleh ketombe, termasuk rasa gatal pada kulit kepala.

3 dari 8 halaman

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Minyak zaitun dipercaya dapat menghilangkan ketombe secara alami dan permanen.

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan berbagai vitamin seperti vitamin E dan K yang dapat membantu menghilangkan ketombe yang mengganggu.

Bahan alami yang satu ini mengandung sifat antijamur, sifat antibakteri, dan sifat antiinflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan dan mengatasi iritasi pada kulit kepala akibat ketombe.

4 dari 8 halaman

3. Minyak Serai

Cara menghilangkan ketombe secara alami adalah menggunakan minyak serai. Minyak serai telah lama digunakan sebagai pengobatan termasuk mengatasi masalah kepala ini.

Caranya, campurkan 2-3 tetes minyak serai pada sampo dan pijat perlahan ke kulit kepala. Cara ini bisa mengurangi ketombe hingga 81 persen selama dua minggu pemakaian rutin.

5 dari 8 halaman

4. Lidah Buaya

Lidah buaya diketahui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, satu di antaranya untuk menghilangkan ketombe. Kandungan asam amino dan sifat antioksidan yang dapat mengurangi ketombe pada lidah buaya.

Kandungan komponen bioaktif dalam lidah buaya dapat mengusir jamur dan mikroba penyebab ketombe. Kandungan dalam lidah buaya, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Selain mengatasi ketombe, lidah buaya juga mampu menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, dan menguatkan akar rambut.

6 dari 8 halaman

5. Bawang Bombay

Bawang bombay bisa menjadi pilihan alternatif untuk atasi ketombe dengan cepat. Kandungan phytochemical membantu mengusir ketombe dan melembapkan kulit kepala.

7 dari 8 halaman

6. Lemon

Lemon merupakan satu di antara sumber yang kaya vitamin C. Vitamin C mampu menjadi cara alami menghilangkan ketombe yang membandel.

Selain vitamin C, lemon juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Kandungan vitamin C dalam jeruk juga berfungsi mendorong pertumbuhan rambut.

8 dari 8 halaman

7. Baking Soda

Baking soda mungkin menjadi bahan yang aneh untuk  mengatasi ketombe. Namun, baking soda mampu menghilangkan ketombe secara alami dan cepat.

Caranya, campurkan 2-3 sendok makan soda kue ke rambut yang sudah basah sebelumnya. Diamkan selama dua menit sebelum membilasnya dengan bersih. Cara ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

Gunakan dengan takaran yang sedang dan sewajarnya dan jangan terlalu sering karena bisa berakibat buruk pada kulit kepala.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer