Sukses


5 Manfaat Daun Sirih, Kaya khasiat untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Daun sirih banyak tumbuh di Indonesia dan sudah dikenal sebagai tanaman yang kaya khasiat untuk kesehatan. Daun sirih mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, seperti flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri.

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90 persen daun sirih terdiri dari air.

Daun sirih juga memliki kandungan kalori dan lemak rendah. Daun sirih sudah digunakan untuk obat tradisional sejak nenek moyang.

Ada beberapa jenis daun sirih, seperti daun sirih kuning, hitam, hijau, dan daun sirih merah.

Dalam pengobatan tradisional China, daun sirih digunakan untuk berbagai pengobatan karena diyakini memiliki sifat detoksifikasi, antioksida, dan antimutasi.

Hasil dari penelitian, dalam ekstrak daun sirih ditemukan senyawa yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, yakni antidiabetes, kardiovaskular, sifat antiinflamasi, imunomodulator, antimaag, hepato pelindung, sifat antiinfeksi, dan sifat antikanker.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai manfaat daun sirih untuk kesehatan, Rabu (8/4/2020).

Mulai sekarang mungkin ada baiknya Anda menanam sirih di halaman rumah, berjaga-jaga andai membutuhkannya, tinggal petik saja.

2 dari 6 halaman

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi air rebusan daun sirih mampu membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2.

Ada penelitian yang melaporkan bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apa pun yang perlu dikhawatirkan.

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tinggi, yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Meski begitu, ini bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus Anda jalani.

Jika Anda telah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan kerja obat.

3 dari 6 halaman

2. Penangkal Kanker

Sifat antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

Daun sirih juga mengandung sejumlah phytochemical (bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker.

Mengunyah daun sirih dipercaya dapat mencegah kanker mulut, karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur.

4 dari 6 halaman

3. Meredekan Asma

Daun sirih mampu membantu dalam mengobati masalah yang berkaitan dengan sakit dada, paru-paru dan asma. Daun sirih memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat mengobati dan mencegah asma kambuh.

Aktivitas antihistamin daun sirih dapat menurunkan kasus asma bronkial. Daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan asma dengan kandungan polifenol yang ada dalamnya.

5 dari 6 halaman

4. Menurunkan Depresi

Mengunyah dauh sirih atau meminum air rebusan daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi dan memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.

Daun sirih juga membantu menghasilkan senyawa fenolik aromatik yang mampu merangsang jumlah katekolamin dalam sistem tubuh, hal ini juga secara langsung terkait dengan penurunan depresi.

6 dari 6 halaman

5. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mengunyah daun sirih dan biji pinang bisa memicu produksi air liur. Air liur mengandung beragam jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusi.

Tidak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri. Daun sirih juga dapat melindungi rongga mulut Anda dari karies gigi dan mengurangi jumlah asam yang dihasilkan oleh bakteri.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer