Sukses


5 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Tekan Kadar Gula Darah

Bola.com, Jakarta - Kayu manis adalah rempah yang terbuat dari kulit pohon bagian dalam, yang secara ilmiah dikenal sebagai cinnamomum.

Kayu manis telah dijadikan rempah-rempah semenjak Mesir Kuno. Kayu manis dulu menjadi barang langka dan dianggap sebagai hadiah yang sangat mewah bagi para raja. 

Namun, saat ini kayu manis dapat ditemukan di berbagai pasar tradisional atau supermarket, dengan harga yang relatif cukup murah.

Kayu manis sering dijadikan sebagai bahan penguat rasa makanan atau minuman.

Kayu manis dibuat dari mengambil kulit bagian dalam dari pohon kayu manis, lalu dikeringkan. Setelah mengering berbentuk seperti setrip ,dan biasanya dinamakan batang kayu manis.

Batang ini dapat digiling dan menjadi bubuk kayu manis, yang sering digunakan sebagai taburan pada kue atau bahan campuran untuk membuat minuman.

Kayu manis juga telah dijadikan bahan untuk membuat ramuan obat atau penawar selama ribuan tahun karena memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Healthline, tujuh manfaat kayu manis untuk kesehatan, Kamis (9/4/2020).

2 dari 4 halaman

Memperkuat Metabolisme Tubuh

1. Memperkuat Metabolisme Tubuh

 

Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang sangat tinggi, dan para ilmuwan percaya bahwa senyawa ini berkhasiat sebagai penguat metabolisme dan menjaga kesehatan tubuh.

2. Sebagai Antioksidan

Kayu manis kaya akan antioksidan, dan antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kayu manis sarat dengan antioksidan kuat, seperti polifenol. Dalam sebuah penelitian, kayu manis menjadi rempah yang unggul daripada rempah lainnya, dan bahkan unggul dari makanan super, seperti bawang dan oregano.

3. Sebagai Antiinflamasi

Rempah-rempah yang satu ini memiliki efek antiinflamsi bagi tubuh. Hal tersebut sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Konsumsi kayu manis secara rutin setiap hari. Anda dapat mencampurkannya dengan berbagai masakan atau minuman seperti teh dan kopi yang sering Anda buat pada pagi hari.

3 dari 4 halaman

Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

4. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Kayu manis dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit jantung, satu di antara penyebab kematian yang paling banyak di dunia.

Pada orang yang mengalami diabetes tipe 2, satu gram atau sekitar setengah sendok kayu manis perhari terbukti memiliki efek baik bagi tekanan darah. Hal tersebut mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan di sisi lain, kolesterol baik (HDL) tetap stabil.

Beberapa studi telah menunjukan hasil, mengonsumsi kayu manis 120 mg perhari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi tekanan darah rendah, dan semua faktor tersebut dapat secara drastis mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis yang Anda konsumsi secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan, kayu manis telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah makan.

Beberapa penelitian lainya juga menunjukan pada manusia efek anti-diabetes dari kayu manis, dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 10-29 persen.

4 dari 4 halaman

Menghindarkan dari Bahaya Kanker

6. Menghindarkan dari Bahaya Kanker

Kanker adalah satu di antara penyakit yang sangat berbahaya, dan ditandai dengan pergerakan sel yang tidak terkendali. Potensi kayu manis dalam pencegahan dan pengobatan kanker telah dipelajari sejak dulu.

Cara kerja senyawa yang ada dalam kayu manis adalah, dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor yang beracun pada sel kanker, dan dapat membunuh sel kanker itu sendiri.

7. Membantu Memerangi Virus HIV

HIV adalah virus yang secara perlahan dapat merusak sistem kekebalan tubu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan AIDS, jika tidak kunjung diobati.

Kayu manis yang diekstrak dari varietas Cassia diduga membantu memerangi HIV-1, satu di antara jenis virus HIV yang paling umum pada manusia.

Sebuah penelitian yang mengamati sel yang terinfeksi virus HIV, menemukan kayu manis paling efektif untuk mengobati penyakit ini daripada 69 tanaman obat lain yang diteliti.

Sumber: Healthline

Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Gronya Somerville

Video Populer

Foto Populer