Sukses


7 Manfaat Air Jeruk Nipis Bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Jeruk nipis merupakan satu di antara jeruk yang mungkin sering kita temui. Jeruk jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat minuman, atau bahan campuran makanan agar rasanya menjadi lebih nikmat.

Jeruk ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi, dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C Anda dalam sehari, selain itu jeruk yang sering dinikmati menjadi minuman ini juga menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

Kandungan nutrisi yang cukup banyak pada jeruk nipis juga dapat memberikan efek baik bagi tubuh, jika Anda mengalami masalah pencernaan, mungkin meminum air jeruk nipis hangat dapat menguranginya.

Selain mengandung vitamin C dan antioksidan, jeruk yang sangat populer di Asia ini juga mengandung banyak nutrisi, yakni vitamin B1, B2, B3, serat, karbohidrat, fosfor, dan magnesium.

Anda dapat menemukan jeruk nipis diberbagai pasar tradisional atau supermarket. Anda juga bisa menanamnya sendiri di rumah. Selain buahnya yang diambil, daun jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai penyedap makanan.

Anda dapat membuat air jeruk nipis dengan cara menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam secangkir air hangat, atau air dingin untuk memberikan kesegaran pada tubuh.

Ada berbagai manfaat dari meminum air jeruk nipis secara rutin, satu di antaranya adalah mengurangi infeksi.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Medical News Today dan Healthline, 6 manfaat air jeruk nipis yang perlu Anda ketahui

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Meredakan Masalah Pencernaan

1. Meredakan Masalah Pencernaan

Meminum air perasan jeruk nipis setiap pagi dapat meningkatkan kondisi pencernaan. Jeruk nipis memiliki rasa asam dan membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik.

Jika Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, maka keasaman pada jeruk nipis dapat membersihkan sistem pembuangan dan merangsang aktivitas usus.

Dan jika Anda sering mengalami perut mulas dan sakit perut yang diakibatkan asam lambung meningkat, minumlah segelas air hangat dengan 2 sendok teh air jeruk nipis sekitar 30 menit sebelum makan, hal tersebut dapat membantu mencegah gejala sakit perut yang disebabkan meningkatnya asam lambung.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Mungkin beberapa obat perawtan kulit menawarkan obat kulit yang dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan lembut. Namun sebenarnya Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan lembut.

Jeruk nipis mengandung vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Selain itu, meminum air jeruk nipis secara rutin dapat melembabkan dan meremajakan kulit Anda.

Jangan pernah memberikan air jeruk nipis langsung ke permukaan kulit Anda, karena jika kulit terkena sinar matahari akan terbakar dan mengalami luka.

3 dari 4 halaman

Membantu menurunkan Berat Badan

3. Membantu menurunkan Berat Badan

Semua orang pasti ingin menurunkan berat badannya lebih cepat, agar penampilan menjadi lebih menarik. Jeruk nipis bisa membantu Anda.

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit kadar lemak.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin setiap hari dan mengontrol makanan dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Minumlah air jeruk nipis sebelum melakukan aktivitas fisik untuk memperkuat metabolisme tubuh. Minumkah sebelum Anda menyantap maknan.

4. Mengurangi Infeksi

Risiko Anda terkena infeksi sangat tinggi saat musim flu dan demam. Jika Anda ingin menjaga agar tubuh tetap sehat, maka minumlah air jeruk nipis setiap hari.

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada pada jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh melawan berbagai infeksi yang dapat menyebabkan deman dan flu.

4 dari 4 halaman

Menurunkan Gula Darah

5. Menurunkan Gula Darah

Air jeruk nipis kaya akan vitamin C, dan jenis vitamin ini dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang mengidap diabetes. Jruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur tubuh Anda menyerap gula ke dalam aliran darah. Akibatnya, Anda akan memiliki sedikit gula dalam darah.

6. Membantu Mengobati Penyakit Jantung

Jeruk nipis mengandung magnesium dan potasium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium secara alami dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. 

Penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa senyawa pada jeruk nipis yang disebut limonin dapat mengurangi kadar kolesterol. Tekanan darah tinggi bila menjadi satu dengan kolesterol jahat dapat mengeras dan mempersempit pembuluh darah, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

 

Sumber : Medical News Today dan Healthline

Video Populer

Foto Populer