Sukses


5 Manfaat Daun Afrika, Obat Tradisional Atasi Malaria

Bola.com, Jakarta - Daun Afrika yang memiliki nama ilmiah Vernonia amygdalina memiliki rasa yang pahit. Walau rasanya pahit, daun Afrika memiliki banyak khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Daun Afrika dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit, seperti kolesterol dan malaria. Daun Afrika biasa gunakan untuk campuran sup dan masakan utama di masyarakat Afrika.

Nutrisi yang terkandung dalam daun ini meliputi karbohidrat, lemak, fosfor, kalium, belerang, dan natrium. Tanaman herbal itu sudah populer digunakan sebagai pengobatan tradisional di Afrika bagian Barat, khususnya Nigeria.

Dilansir dari laman Alo Dokter, daun Afrika memiliki kandungan serat dan lemak sehat yang cukup tinggi. Daun ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B komplek yang dapat membuat tubuh Anda lebih sehat.

Kandungan protein dalam daun Afrika sangat tinggi, yaitu mencapai 33,3 persen. Daun Afrika memiliki ciri-ciri berwarna hijau tua dan berbentuk lonjong dengan permukaan kasar.

Daun Afrika merupakan daun dari pohon kecil yang dapat mencapai ketinggian 10 meter dengan diameter batang mencapai 40 cm. Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing, tetapi daun ini sebenarnya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun Afrika sebagai obat herbal, Anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Dalam Indonesian Journal of Tropical and Infectious Disease, dijelaskan daun Afrika digunakan sebagai terapi antimikroba karena berbagai kandungan yang berperan penting dalam mengubah sistem imuninatas tubuh pada infeksi bakteri.

Berikut ini manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang perlu diketahui. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber manfaat daun Afrika bagi kesehatan, Minggu (12/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Mengatasi Diabetes

Daun Afrika mampu membantu menurunkan gula darah dengan merangsang penggunaan glukosa dalam tubuh, dan mencegah produksi glukosa melalui proses yang disebut glukoneogenesis. Mengonsumsi daun Afrika sangat efektif sebagai obat alami diabetes.

Kandungan etanol yang ada di dalamnya mampu menurunkan glukosa dalam darah. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan daun ini menurunkan glukosa darah hingga 50 persen.

Ekstrak daun ini mengandung zat aktif seperti saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang berguna untuk menurunkan glukosa darah setelah makan.

3 dari 6 halaman

2. Melancarkan Pencernaan

Daun Afrika bisa menjadi solusi alternatif atasi susah buang air besar. Mengonsumsi daun Afrika secara rutin mampu melancarkan pencernaan an mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Meskipun kerap dijadikan untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan, manfaat daun Afrika untuk masalah itu belum cukup kuat secara medis.

4 dari 6 halaman

3. Mengatasi Malaria

Manfaat selanjutnya daun Afrika adalah mengobati malaria dikarenakan daun tersebut mengandung plasmodik. Selain itu, daun Afrika efektif mengatasi ganguan ginjal karena kandungan herbal ini yang kaya asam fenolat, asam lemak, dan vitamin yang bersifat antioksidan.

Daun Afrika bisa diolah menjadi minuman jus. Malaria merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus nyamuk anopheles.

Jus daun Afrika telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam malaria. Dalam sebuah percobaan klinis di Afrika, sari daun Afrika segar terbukti efektif dalam meredakan malaria ringan.

5 dari 6 halaman

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain daun Afrika untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol. Menurut Journal of Vascular Health and Risk Management, daun Afrika dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi daun ini  supaya lebih aman dalam mengunakannya. Peningkatkan kolesterol LDL adalah faktor risiko terbesar dari serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer.

6 dari 6 halaman

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh kurangnya kurangnya kemampuan dalam memproses dan mengatur jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Daun Afrika diperkaya dengan kandungan zat yang bersifat antiseptik dan antioksidan yaitu asam lemak omega-3 dan omega-6.

Kandungan tersebut sangat efektif untuk merawat fungsi pembuluh darah arteri. Rutin mengonsumsi asam lemak tak jenuh linoleat dan linolenat, mengalami penurunan risiko penyakit jantung, hingga 40 persen.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer