Sukses


7 Cara Gampang Menghilangkan Bau Kaki

Bola.com, Jakarta - Memiliki aroma tak sedap di kaki atau bau kaki bisa mengganggu dan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Sungguh memalukan rasanya saat bersama orang lain dalam kondisi semacam itu.

Bau kaki memiliki nama medis bromodosis. Bromodosis adalah kondisi medis yang sangat umum.

Satu di antara pemicu timbulnya bau kaki, contohnya memakai sepatu tertutup dalam waktu yang lama. Kondisi kaki yang lembap dan keringat berlebih pada kaki tersebut, bisa memicu bau kaki.

Kaki merupakan area tubuh yang sangat mudah berkeringat, karena memiliki lebih banyak kelenjar keringat, dibandingkan bagian tubuh lain.

Selain itu, bau kaki juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur.

Cara menghilangkan bau kaki sebenaranya tidak sulit, satu di antaranya memerhatikan kebersihan kaki dengan baik dan menjaga kebersihan alas kaki yang digunakan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana menghilangkan bau kaki dengan cara mudah dan menggunakan bahan alami yang bisa diperoleh di sekitar kita, Kamis (16/4/2020).

2 dari 8 halaman

1. Garam

Garam dikenal sebagai satu di antara bumbu dapur. Selain digunakan sebagai bahan masakan, garam efektif digunakan untuk menghilangkan bau kaki.

Garam mampu mengurangi kelembapan di kaki dan melawan bakteri penyebab bau kaki. Campurkan garam ke dalam air hangat, rendam kaki selama 20 menit.

3 dari 8 halaman

2. Lemon

Lemon memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengatasi kelebihan keringat dan bakteri penyebab bau kaki. 

Peras lemon, lalu campurkan dengan air hangat. Rendam kaki selama 15 menit.

4 dari 8 halaman

3. Kopi

Tak hanya sebagai penghilang rasa kantuk, kopi juga memiliki manfaat lain. Kopi dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki.

Kopi dikenal dengan kemampuannya dalam mengeksfoliasi. Oleh karena itu, kopi juga efektif digunakan untuk menjaga kebersihan kaki sehingga kaki terhindar dari bau.

Caranya, campur kopi dengan air hingga berbentuk pasta. Kemudian balurkan pada kaki Anda dan diamkan sekitar 15 menit.

5 dari 8 halaman

4. Cuka

Cuka memiliki kadar asam yang tinggi. Cuka efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki.

Rendam kaki dengan campuran air dan cuka selama sekitar 15 menit. Perlu diperhatikan, pastikan tidak ada luka terbuka atau iritasi pada kaki Anda.

6 dari 8 halaman

5. Teh

Teh memiliki kandungan asam tanat yang mampu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Selain itu, menggunakan teh juga dapat mengurangi produksi keringat pada kaki.

Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki.

7 dari 8 halaman

6. Baking Soda

Rendam kakii selama kurang lebih 15-25 menit setiap malam selama satu minggu. Bisa juga dengan menaburkan sedikit baking soda ke dalam sepatu sebelum menggunakannya.

Baking soda memiliki kandungan pH yang mampu menetralisasi keringat dan mengurangi bakteri.

8 dari 8 halaman

7. Tepung Maizena

Tepung maizena bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh. Tepung maizena bisa diaplikasikan sebagai bedak tabur karena ampuh menyerap uap air yang menyebabkan tingginya kelembaban di permukaan kaki.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer