Sukses


5 Hal Penyebab Darah Tinggi

Bola.com, Jakarta - Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah cukup tinggi, mencapai 130/80 mmHg atau bahkan lebih. Hipertensi atau darah tinggi biasanya paling sering dialami orang lanjut usia. 

Seperti diketahui, tekanan darah normal manusia berkisar pada 120/80 mmHg. Bagi mereka yang memiliki angka melebihi itu, bisa dikategorikan terkena tekanan darah tinggi

Kondisi di mana seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi, dapat menjadi kondisi yang cukup berbahaya karena jantung akan dipaksa memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Hal itu dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit, seperti stroke, gagal jantung, dan juga gagal ginjal. 

Penyakit ini dapat muncul secara tiba-tiba tanpa memiliki gejala apa pun, namun tekanan darah yang sudah cukup tinggi dapat memberikan gejala, seperti badan lemas, sakit kepala, sesak napas, dan juga nyeri pada dada.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya darah tinggi, yang mungkin dapat kita hindari, seperti mengurangi makanan yang mengandung terlalu banyak garam dan mengurangi berat badan.

Bola.com telah merangkum dari Good Rx, lima hal yang dapat menyebabkan darah tinggi, Jumat (17/4/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

1. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas cenderung memiliki tekanan darah lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki berat badan berlebih.

Beberapa penelitian tersebut juga menyebutkan, kelebihan berat badan yang cukup signifikan, berada hampir di atas 40 persen, memiliki risiko terkena hipertensi.

2. Faktor Keturunan atau Genetika

Para ahli percaya bahwa gen tertentu dalam DNA dapat menyebabkan seseorang terkena hipertensi. 

Kita dapat menghubungi dokter jika satu di antara keluarga kita, seperti ayah, ibu, kakek, nenek, atau saudara kandung memiliki hipertensi, untuk membantu apakah kita juga memiliki risiko tersebut dan bagaimana cara menanganinya.

3. Kurang Aktivitas Fisik

Bagi Anda yang tidak memiliki aktivitas fisik, memiliki risiko terkena hipertensi lebih tinggi daripada mereka yang sering melakukan aktivitas fisik.

Hal tersebut tidak memandang usia. Seseorang berusia muda, namun tidak pernah melakukan aktivitas secara rutin, juga dapat memiliki risiko hipertensi cukup tinggi, terutama pada laki-laki.

3 dari 3 halaman

Terlalu Banyak Meminum Alkohol

4. Terlalu Banyak Meminum Alkohol

Beberapa bukti telah ada bahwa meminum terlalu banyak minuman beralkohol dapat menambah risiko seseorang terkena hipertensi secara signifikan. Alkohol tidak hanya dapat menaikkan risiko hipertensi, namun juga kadar kolesterol.

5. Masalah pada Ginjal

Ginjal adalah satu di antara organ dalam tubuh yang sangat vital dan penting. Ginjal bertugas membuang berbagai macam limbah dan racun dalam tubuh saat kita buang air kecil.

Namun, ketika fungsi ginjal sedang dalam keadaan tidak normal, dapat menyebabkan tubuh kita menahan terlalu banyak cairan yang seharusnya dibuang dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Banyak hal yang dapat menyebabkan ginjal kita tidak bekerja dengan normal, seperti kurangnya minum air putih dan gaya hidup tidak sehat.

Sumber: Good Rx

Video Populer

Foto Populer