Sukses


9 Manfaat Menyehatkan Pepaya, Menurunkan Kolesterol

Bola.com, Jakarta - Pepaya adalah satu di antara buah yang populer. Buah yang tumbuh di negara tropis seperti Indonesia dan Brasil ini bisa didapatkan dengan mudah, dari pasar tradisional hingga supermarket.

Pepaya memiliki beberapa jenis. Tinggal pilih mana yang Anda suka, ada pepaya hawai, bangkok, california, pepaya cibinong, red lady, dan lain sebagainya.

Ukuran dan bentuk pepaya juga beragam, tergantung jenisnya. Namun, mayoritas daging buahnya memiliki rasa manis.

Meski tergolong golongan buah yang cukup familier di Indonesia, ada orang yang tak menyukai pepaya. Beberapa alasan yang diberikan, seperti tak menyukai baunya, atau menganggap pepaya merupakan buah untuk makanan burung.

Padahal, mengonsumsi pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti melancarkan pencernaan dan buang air besar (BAB).

Pepaya merupakan satu di antara buah menyehatkan karena mengandung vitamin dan mineral, seperti kalium, besi, magnesium, dan fosfor.

Pepaya bisa dinikmati dalam segala suasana karena bukan buah musiman. Anda bisa menyantap daging buah secara langsung atau juga bisa dijadikan minuman dan makanan olahan.

Berikut Bola.com telah merangkum, sembilan manfaat pepaya untuk kesehatan, seperti dilansir dari MSN, Jumat (17/4/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menurunkan Kolesterol

1. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi pepaya segar secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pepaya mengandung vitamin C dan antioksidan, yang dapat mencegah penumpukan kolesterol dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan hipertensi.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, Anda wajib memasukan pepaya dalam daftar menu diet.

Pepaya mengandung serat yang cukup banyak, sehingga dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama dan menghalangi mengonsumsi makanan terlalu banyak, sehingga badan tidak terlalu banyak kemasukan kalori.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika Anda mudah sakit dan terserang infeksi, itu mungkin pertanda bahwa sistem kekebalan Anda sedang lemah dan memerlukan beberapa asupan makanan yang dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh bertindak sebagai perisai dari berbagai macam penyakit yang akan memasuki tubuh. Mengonsumsi pepaya yang kaya vitamin C, akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3 dari 4 halaman

Baik Untuk Penderita Diabetes

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi Anda yang mengidap diabetes, mungkin tidak banyak pilihan makanan yang dapat dinikmati ketika lapar atau ketika ingin memakan kudapan. Namun, pepaya sangat baik dan aman bagi pengidap diabetes.

Hal tersebut karena pepaya mengandung sedikit gula, meski rasanya manis. Bagi Anda yang tidak menderita diabetes juga dapat mengonsumsi pepaya untuk menghindari risiko terkena diabetes.

5. Bagus untuk Kesehatan Mata

Buah pepaya kaya akan vitamin A, yang dapat membantu untuk melindungi penglihatan dan mencegah berbagai gangguan mata.

Penyakit mata seperti rabun malam yang sering diderita oleh lansia, juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi pepaya.

6. Mengurangi Risiko Terkena Radang Sendi

Mengonsumsi pepaya dapat sangat baik dan menyehatkan bagi tulang, karena pepaya memiliki sifat antiinmflamsi dan juga vitamin C, yang dapat menjauhkan sendi dari peradangan.

4 dari 4 halaman

Membantu Sistem Pencernaan

7. Membantu Sistem Pencernaan

Mengonsumsi pepaya secara rutin dapat membantu Anda memperbaiki dan menyehatkan sistem pencernaan setelah memakan berbagai macam makanan yang tidak baik. Enzim papain dan serat yang terkandung dalam pepaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

8. Mencegah Kanker

Pepaya kaya antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang dapat membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel rusak akibat dari radikal bebas, yang mungkin dapat menyebabkan kanker.

Beberapa penelitian yang dilakukan juga mengaitkan, mengonsumsi pepaya secara rutin dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar dan prostat.

9. Mengatasi Stres

Pepaya kaya vitamin C, yang dapat membantu Anda mengurangi stres. Konsumsilah pepaya segar secara langsung atau membuatnya sebagai jus tanpa campuran apa pun.

Sumber: MSN

Video Populer

Foto Populer