Sukses


6 Manfaat Kentang: Baik untuk Otak hingga Mencegah Osteoporosis

Bola.com, Jakarta - Kentang termasuk satu di antara makanan yang mengandung banyak vitamin, protein, serat, dan lemak sehat. Mengonsumsi kentang secara wajar dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari laman SehatQ, kentang juga sumber karbohidrat yang cukup digemari sebagai pengganti nasi. Kentang tergolong jenis umbi-umbian yang mudah ditemui dan diolah.

Manfaat kentang dapat dirasakan ketika dalam keadaan mentah maupun matang setelah direbus. Kentang kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan.

Kentang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin C, hingga asam folat. Jenis sayuran ini juga memiliki senyawa solanin yang dikenal sebagai obat penenang, sifat antikejang, sifat antijamu, dan pestisida.

Kentang cukup populer dengan diolah menjadi berbagai menu makanan, termasuk camilan. Umbi-umbian ini berasal dari daerah Amerika Selatan dan menyebar ke semenanjung Eropa selatan bagian barat tepatnya daerah Portugis dan Spanyol.

Kentang berkembang pada dataran tinggi atau daerah dengan suhu yang relatif sejuk dan dingin. Megonsumsi kentang secukupnya dapat menurunkan kolsterol jahat (LDL) dan menurunkan tekanan darah.

Kentang sangat cocok bagi seseorang yang sedang menjalani program diet sebagai pengganti nasi. Perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat kentang untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat kentang, Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/4/2020).

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Agen Antioksidan

Kentang memiliki kandungan flavonoid, kaetonoid, dan asam fenolik. Sifat antioksidan yang ada di dalam kentang mampu mencegah radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh.

Mengonsumsi kentang mampu menghindari risiko terjangkit berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

3 dari 7 halaman

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kentang bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan pati resisten yang dimiliki akan dimakan oleh bakteri baik dan bakteri baik tersebut akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Kentang kaya akan kalium yang membantu terhindar dari penyakit diare, mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker usus besar. Selain itu, asam lemak rantai dari pati resisten ini juga sangat penting untuk membantu orang yang sedang mengalami infeksi usus.

4 dari 7 halaman

3. Baik untuk Otak

Kandungan B6 yang ada di dalam kentang mampu menjaga kesehatan neuron atau saraf. Mengonsumsi kentang akan membantu menciptakan bahan kimia otak yakni, serotonin, dopamin, dan noreprinefrin.

Kentang juga memiliki kandungan kalium yang bisa mendorong pelebaran pembuluh darah juga membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

5 dari 7 halaman

4. Menjaga Tekanan Darah

Kentang memiliki jumlah kalium yang banyak ketimbang pisang. Kandungan kalium pada kentang mampu membantu menstabilkan tekanan darah tubuh Anda.

Selain itu, kandungan magnesium pada kentang juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah normal.

6 dari 7 halaman

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang mengandung karotenoid yang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan vitamin B6 yang ada di dalamnya mampu mengatasi radikal bebeas pada sel jantung serta berperan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

Proses ini mengubah homosistein menjadi metionin. Jika kandungan homosistein terlalu banyak bisa merusak dinding pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangaan jantung hingga stroke.

7 dari 7 halaman

6. Baik untuk Tulang

Kaya akan kandungan kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan fosfor yang ada di dalam kentang mampu menjaga kesehatan tulang dan keseimbangan tubuh. Magnesium dan kalium dalam kentang berkontribusi besar terhadap kesehatan tulang.

Mengonsumsi kentang membantu mencegah keropos tulang dan juga memperkuat tulang. Perlu diketahui bahwa kandungan fosfor berlebih dan kalsium yang kurang dapat mengurangi kepadatan tulang yang memicu osteoporosis.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer