Sukses


Tak Hanya Kewajiban Beribadah, Berpuasa Punya Manfaat bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Sebentar lagi umat Islam memasuki bulan puasa Ramadan 1441 Hijriah. Jika mengikuti penetapan jadwal, artinya tinggal tiga hari lagi umat muslim akan kembali bersua Bulan Suci.

Puasa merupakan ibadah menahan diri dari makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Bagi umat Islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari selama bulan Ramadan.

Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi umat muslim berlomba dalam mendapatkan pahala. Selain memperoleh keberkahan Allah SWT, melakukan puasa juga sangat baik untuk kesehatan.

Puasa memiliki berbagai manfaat bagi fisik dan mental. Puasa sering dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, sesungguhnya tubuh melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat atau racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

Berpuasa juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, di mana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

2 dari 6 halaman

1. Menurunkan Berat Badan

Tidak sedikit orang yang menjalankan puasa karena ingin menurunkan berat badan. Saat puasa, tubuh tidak menerima asupan apa pun selama lebih dari 12 jam.

Ketika berpuasa, kadar insulin di tubuh akan menurun, tetapi kadar hormon pertumbuhan dan norepinefrin akan meningkat.

Hal ini memicu tubuh untuk memecah lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori serta meningkatkan metabolisme.

Dengan digunakannya lemak sebagai sumber energi, berkurangnya kadar lemak tentu dapat membantu mengurangi berat badan.

3 dari 6 halaman

2. Menyehatkan Jantung

Berpuasa mampu menurunkan resiko aterosklerosis atau penyumbatan arteri yang disebabkan oleh partikel lemak. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa dalam rutinitas, bermanfaat dalam hal kesehatan jantung.

Rutin berpuasa juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Penelitian menemukan bahwa seseorang yang berpuasa selama sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak.

4 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Melakukan puasa dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa, tingkat limfosit dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat.

Berpuasa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan membuat kelaparan sel kanker. Hal ini membuat kekebalan tubuh meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

5 dari 6 halaman

4. Membuang Racun dalam Tubuh

Manfaat puasa selanjutnya adalah membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Ketika berpuasa, tubuh akan memakan cadangan lemak untuk mendapat energi.

Lemak tersebut akan membakar racun dalam tubuh secara bersamaan. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Berpuasa efektif mengeluarkan racun, karena berhenti mengonsumsi makanan dan minuman. Pengeluaran racun ini bisa melalui keringat, buang air kecil, atau saat melakukan buang air besar, sehingga tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.

6 dari 6 halaman

5. Mengontrol Gula Darah

Berpuasa akan membuat tubuh Anda dapat menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Hal ini bermanfaat untuk mencegah risiko terjangkit diabetes karena tingginya kadar gula dalam darah.

Beberapa studi medis menyatakan bahwa berpuasa dapat mengontrol kadar gula darah yang berada dalam tubuh dengan cara mengurangi resisten sel daraH putih yang ada di dalamnya.

Sumber: Berbagai sumber.

Video Populer

Foto Populer