Sukses


7 Manfaat Semangka, Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Bola.com, Jakarta - Semangka merupakan buah yang terkenal dengan kandungan air yang melimpah di dalamnya. Semangka juga dikenal sebagai satu di antara buah yang menyehatkan.

Anda mungkin cukup sering melihat semangka sebagai hidangan pencuci mulut setelah bersantap atau sebagai menu jus buah yang menyegarkan.

Tidak heran jika semangka merupakan satu di antara buah favorit kebanyakan orang. Buah yang masih termasuk keluarga labu-labuan ini mudah didapatkan dengan harga relatif terjangkau.

Selain mengandung air yang cukup banyak sehingga dapat menyegarkan badan, semangka memiliki rasa yang lezat dan manis.

Semangka memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah semangka dalam keadaan segar dan matang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, likopen, asam amino, dan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

Mengonsumsi semangka secara rutin dengan porsi yang tepat bisa membuat Anda mendapatkan berbagai manfaatnya, khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada beberapa manfaat mengonsumsi buah semangka yang mungkin perlu Anda ketahui.

Berikut Bola.com merangkum dari beberapa sumber, tujuh manfaat semangka bagi kesehatan, Rabu (22/4/2020).

2 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti tomat, warna merah pada semangka menandakan bahwa buah ini cukup kaya akan senyawa likopen. Senyawa ini dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Likopen menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan peradangan dan menurunkan kadar lemak darah.

Selain itu, semangka mengandung kalium dan magnesium. Dua mineral tersebut dipercaya banyak kalangan penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Beberapa penelitian mengatakan peningkatan asupan kalium membantu menurunkan tekanan darah, dan magneisum dapat menangkal stres, serta juga mencegah penyakit jantung.

2. Bagus untuk Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari buah yang kaya likopen ini adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan mengurangi stres oksidatif, yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada tulang.

Beberapa studi menunjukan hasil bahwa likopen yang terdapat dalam semangka dapat dijadikan sebagai obat herbal alami untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tulang seperti osteoporosis.

3 dari 4 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Semangka yang Anda konsumsi dapat membantu usaha dalam menurunkan berat badan. Satu potong semangka yang dikonsumsi hanya mengandung 46 kalori.

Hal tersebut menjadikan semangka sebagai jenis buah yang sempurna untuk dimasukan ke menu diet. Kandungan air yang tinggi pada semangka akan membantu Anda kenyang lebih lama dengan sedikit kandungan kalori.

4. Mencegah Batu Ginjal

Sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan kalium, seperti semangka, dapat membantu menghilangkan limbah dari dalam darah dan menghilangkan racun, yang dapat mencegah munculnya batu ginjal.

Satu di antara manfaat dari buah semangka adalah diuretik alami, yang berarti meningkatkan produksi urin dan menghilangkan berbagai jenis racun yang ikut larut dalam urin.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat semangka dalam menjaga kesehatan tubuh berikutnya adalah memberikan asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan mata, seperti beta karoten, vitamin A, C, lutein, dan zeaxanthin.

Berbagai penelitian telah menunjukkan, bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit mata seperti degenerasi makula, yang terjadi ketika kornea menebal dan dapat menyebabkan kebutaan.

Beta karoten dalam bentuk vitamin A yang sering ditemukan dalam semangka juga dapat menjaga kesehatan mata dan menghindarkan mata dari gangguan yang berkaitan dengan usia.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Berbagai macam makanan alami seperti buah semangka dapat menambahkan oksigen ke dalam sel-sel  dan membuat tubuh berfungsi dengan baik.

Semangka mengandung antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker, dan dapat menjaga kulit tampak lebih muda dan sehat.

Selain itu, kadar air yang terkandung dalam semangka dapat membuat kulit menjadi lembab dan terhidar dari kulit kering.

7. Meningkatkan Imun Tubuh

Mengonsumsi semangka dapat meningkatkan kadar asam amino dalam tubuh yang digunakan untuk sintesis oksida nitrat, yang berperan dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

Buah ini juga merupakan satu di antara sumber vitamin C, yang merupakan antioksidan dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan.

 

Sumber: Power Positivity dan Lifehack

Video Populer

Foto Populer