Sukses


PON 2020 Ditunda ke Bulan Oktober 2021, Bagaimana dengan Anggarannya?

Bola.com, Jakarta - Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memutuskan untuk menunda Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua akibat pandemi virus corona.

Seharusnya, PON XX di Papua ini bakal berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020. Dalam keputusan Ratas (rapat terbatas), Menpora Zainudin Amali atas mandat dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menunda PON XX hingga Oktober tahun depan.

Ada beberapa teka-teki dengan penundaan PON XX ini. Salah satu yang jadi pertanyaan besar adalah mengenai anggaran untuk multievent paling besar di Indonesia tersebut.

"Karena pelaksanaan PON ditunda ke 2021, berarti anggarannya nanti di APBN tahun 2021. Soal kebijakan seperti apa, kami serahkan kepada Kementerian Keuangan," kata Menpora Zainudin Amali.

"Yang penting keputusan pokoknya itu sudah ada, bahwa PON 2020 ditunda. Soal penganggaran itu sepenuhnya kewenangan Kementerian Keuangan," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Persiapan Terus Berlanjut

Lebih lanjut Zainudin Amali menyebut Papua sebagai tuan rumah PON XX akan terus melakukan persiapan. Meskipun kini, semua fokus mereka sedang berusaha menanggulangi virus corona.

"Jadi tidak ada yang harus berhenti, tapi harus menyesuaikan dengan kondisi. Venue, penginapan, dan persiapan jalan seperti biasa," kata Zainudin Amali.

"Tapi kondisi di Papua sebagaimana yang disampaikan gubernur mereka pada 7 April lalu, sumber daya mereka sedang fokus ke COVID-19," tambahnya.

Adapun Ratas antara Menpora dengan Presiden Jokowi mengenai penundaan PON XX ini berlangsung pada pukul 09.30 WIB hari Kamis (23/4/2020).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer