Sukses


Pantas Dibuktikan, 7 Manfaat Menyehatkan Susu Kedelai

Bola.com, Jakarta - Susu kedelai bisa menjadi pengganti bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi produk hewani, seperti susu sapi, namun ingin tetap mendapatkan asupan kalsium.

Susu yang terbuat dari sari kacang kedelai ini cukup baik untuk kesehatan karena terbuat dari bahan alami non-hewani dan secara tidak langung bebas dari kolesterol.

Selain itu, susu kedelai memiliki banyak nutrisi, rendah lemak jenuh, dan mengandung laktosa, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Minuman ini juga sering dijadikan menu utama bagi orang yang sedang menjalani diet. Mengonsumsi susu kedelai dapat membantu menurunkan berat badan.

Susu kedelai dibuat dengan cara menggiling kacang kedelai, lalu merebusnya dengan air. Minuman ini sangat aman dikonsumsi oleh semua kalangan.

Minuman sehat ini biasa dikonsumsi pada waktu sarapan. Mengonsumsi susu kedelai dapat dalam keadaan hangat atau dingin, sesuai selera dan kondisi.

Ada beberapa manfaat susu kedelai yang dikonsumsi secara rutin, namun tetap pada porsi yang tepat, di antaranya adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan.

Berikut Bola.com merangkum dari NDTV, tujuh manfaat mengonsumsi susu kedelai untuk kesehatan, Jumat (24/4/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai mengandung banyak serat dan kolesterol baik. Susu yang berasal dari sari kacang kedelai ini dapat membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi.

Mengombinasikan susu kedelai dengan berbagai asupan makanan diet rendah lemak dan beberapa protein, dapat membantu menurunkan berat badan, dan menjaga masa otot tetap pada tempatnya.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kedelai merupakan satu di antara sumber makanan sehat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Mengonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan kadar lipid plasma dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung di kemudian hari. Selain itu, susu kedelai kaya akan vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3 dari 5 halaman

Mengatasi Masalah Kulit

3. Mengatasi Masalah Kulit

Jika Anda sering bermasalah dengan munculnya jerawat pada kulit, mungkin mengonsumsi susu kedelai secara rutin akan membantu mengatasi masalah tersebut.

Susu kedelai dapat mengurangi hiperpigmentasi, suatu kondisi di mana kulit berubah menjadi gelap. Selain itu, beberapa penelitian menunjukan bahwa susu kedelai memiliki sifat antipenuaan dini.

4. Membantu Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut yang sehat dan tampak kuat mungkin menjadi idaman bagi sebagian besar kalangan, khususnya para wanita. Kombinasi antara susu kedelai dan diet kaya protein memiliki efek baik untuk kesehatan rambut.

Hal tersebut dapat merangsang pertumbuhan dan menguatkan akar rambut sehingga kesehatan rambut terus terjaga dengan baik.

4 dari 5 halaman

Menguatkan Tulang

5. Menguatkan Tulang

Tidak hanya susu yang berasal dari sapi yang dapat menguatkan tulang, namun juga susu kedelai karena kandungan kalsium yang ada di dalamnya.

Kandungan kalsium yang terkandung dalam susu kedelai dapat meningkatkan kesehatan tulang, membuatnya menjadi lebih kuat dan menjaga strukturnya sehingga megurangi risiko patah tulang.

6. Antidepresan

Mengonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan mood atau suasana hati karena susu kedelai mengandung vitamin B6 dan B kompleks yang bermanfaat dalam membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Selain itu, susu kedelai mengandung banyak magnesium yang dapat melepaskan hormon serotonin dalam tubuh yang berfungsi sebagai antidepresan bagi pikiran.

5 dari 5 halaman

Pemulihan Setelah Berolahraga

7. Pemulihan Setelah Berolahraga

Saat berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak lemak dan kalori. Pemulihan menjadi hal wajib yang harus dilakukan setelahnya.

Bagi Anda yang merupakan seorang vegan atau menghindari laktosa, susu kedelai dapat menjadi pilihat tepat bagi untuk melakukan pemulihan setelah berolahraga.

Susu kedelai mengandung riboflavin yang membantu memulihkan semua energi yang hilang setelah berolahraga.

Sumber: Doctor NDTV

Video Populer

Foto Populer