Sukses


6 Manfaat Kacang Mete, Menjaga Kesehatan Jantung dan Kulit

Bola.com, Jakarta - Kacang mete atau banyak orang biasanya menyebutnya dengan kacang mede, merupakan satu di antara jenis kacang-kacangan yang paling populer di dunia.

Kacang jenis ini bercita rasa lezat, dapat dijadikan camilan untuk menemani waktu bersantai Anda dan juga dapat dijadikan sebagai campuran masakan maupun minuman.

Kacang mete berasal dari biji buah jambu monyet atau nama latinnya adalah nacardium occidentale.

Cara pengolahannya adalah dengan mengeringkan bijinya selama beberapa hari, lalu baru dapat digoreng, dipanggang atau diolah dengan cara lain.

Anda dapat menemukan kacang mete dengan relatif muda. Namun, harga kacang mete lebih mahal daripada kacang jenis lain.

Selain menjadi camilan yang enak, kacang mete juga memiliki manfaat bagi tubuh berkat kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin E, B, K, protein, serat, dan berbagai mineral seperti zat besi, alsium, natrium, kalium, dan magnesium.

Berikut Bola.com merangkum dari Wealth Result, Selasa (28/4020), enam manfaat kacang mete untuk kesehatan.

2 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menjadi camilan yang lezat, kacang mete dapat membantu usaha dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Kacang mete dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dengan menguatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL bertanggung jawab untuk menyerap kolesterol dari jantung dan membawanya ke hati untuk diurai atau dipecah.

Mengonsumsi kacang mete sesuai porsi yang tepat juga dapat mengurangi peradngan dan mengurangi tekanan darah tinggi, yang berefek pada meningkatnya kesehatan jantung.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang mete kaya kandungan seng, yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit.

Sistem kekebalan tubuh adalah sistem pertahanan di dalam tubuh yang dapat melawan berbagai kuman dan bakteri yang biasanya menimbulkan penyakit.

Hal tersebut membantu luka sembuh lebih cepat dan pemulihan setelah terkena penyakit. Selain itu, seng baik untuk wanita hamil, membantu janin berkembang lebih baik, dan meningkatkan kekebalan tubuh wanita hamil.

3 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung, kacang mete dapat menjaga kesehatan kulit dan menghindarkan kulit dari penuaan dini.

Kacang mete kaya tembaga dan dapat membantu memproduksi kolagen, yang merupakan protein yang digunakan dalam pembuatan sel-sel kulit baru dan melanin yang merupakan senyawa bertanggung jawab untuk warna kulit.

Kolagen dapat mencegah penuaan dini pada kulit dan mejaga kulit tetap elastis. Selain itu, lemak sehat yang terkandung dalam kacang mete menjaga kulit tetap lembab dan mencegah kekeringan kulit yang dapat menyebabkan kulit terkelupas.

4 dari 5 halaman

Membantu Melawan Kanker

4. Membantu Melawan Kanker

Kacang mete merupakan sumber nutrisi dan antioksidan yang cukup kuat, dapat membantu tubuh memerangi kanker dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Jenis kacang ini memiliki kandungan antioksidan yang kuat seperti cardol, cardanols, dan asam anakardat yang dapat melawan kanker dan tumor serta mencegahnya tumbuh dan menyebar.

Kacang mete bahkan juga dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi dan perawatan kanker lainnya. 

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kacang mete kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang dipercaya cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan tersebut dapat membantu megurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan membantu seseorang kenyang lebih lama.

Kacang mete juga dapat mengruangi risiko terkena berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kenaikan badan yang berlebih seperti obesitas, diabetes, dan stroke.

5 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Otak

6. Menjaga Kesehatan Otak

Berkat kandungan asam lemak sehat di dalamnya, kacang mete dapat membantu usaha menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsinya.

Asam lemak sehat ini dapat membantu otak untuk mengatur suasana hati dan mendukung fungsi kognitif. Itu juga mencegah masalah otak yang berkaitan dengan penuaan, seperti berkurangnya kemampuan mengingat pada lansia.

Kacang mete meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu berbagai proses otak dengan membantu pengaturan jalur neurotransmitter dan fluiditas membran serta mendukung transmisi sinaptik.

Sumber: Wealth Result

Video Populer

Foto Populer