Sukses


5 Jenis Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Anda Terjaga

Bola.com, Jakarta - Mengalami sulit tidur bisa menjadi hal menyebalkan karena hal tersebut dapat berefek pada kegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari. Kekurangan waktu tidur dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah.

Memiliki waktu tidur yang kurang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Selain itu, kekurangan waktu tidur bisa mengganggu konsentrasi seseorang saat menjalankan kagiatan sehari-hari, karena otak tidak memiliki waktu istirahat yang cukup.

Waktu yang ideal bagi orang dewasa untuk tidur adalah tujuh hingga delapan jam di malam hari. Dengan memenuhi waktu tidur, tubuh akan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

Selain dapat menyegarkan badan dan membuat konsentrasi menjadi lebih kuat, memiliki waktu tidur yang cukup akan meminimalisasi rasa kantuk di siang hari.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat tertidur dengan cepat dan nyenyak. Beberapa di antaranya adalah meminum minuman hangat dan melatih pernapasan sebelum tidur.

Namun, ada beberapa makanan yang apabila dikonsumsi sebelum waktu tidur akan membuat Anda terjaga dan justru mengalami sulit tidur.

Bola.com merangkum dari Daily Entertainment, Rabu (29/4/2020), lima makanan dan minuman yang membuat Anda terjaga atau susah tidur.

2 dari 6 halaman

1.Kopi

1. Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi adalah stimulan yang dapat membuat Anda terjaga lebih lama. Kopi biasanya dimanfaatkan seseorang ketika ingin lembur melakukan sebuah pekerjaan.

Meski asupan kafein dapat sangat membantu bagi mereka yang melakukan kerja lembur, kafein tidak disarankan bagi mereka yang ingin memiliki waktu tidur yang cukup.

Tidak meminum kopi atau berbagai macam makanan dan minuman lainnya yang mengandung kafein, akan membantu Anda untuk tertidur lebih cepat.

3 dari 6 halaman

2. Daging Olahan

Berbagai macam daging olahan seperti bacon, salami, sosis, dan daging asap merupakan jenis makanan yang enak untuk disantap.

Namun, jika Anda ingin mempunyai kualitas tidur yang baik, sebisa mungkin kurangi konsumsi daging olahan, khususnya di malam hari sebelum waktu tidur.

Hal tersebut karena daging yang diawetkan mengandung tyramine, yang menyebabkan otak melepaskan norepinefrin, stimulan otak yang dapat membuat Anda sulit tidur dan tidur tidak nyenyak.

4 dari 6 halaman

3. Keju

Keju mungkin merupakan satu di antara makanan favorit yang sering dinikmati banyak orang sebagai campuran saat membuat roti lapis atau roti panggang.

Namun, tidak banyak diketahui, keju juga dapat membuat orang terjaga semalaman. Beberapa jenis keju, seperti parmesan dan romano, mengandung tyramine yang juga ditemukan dalam daging olahan.

Mengurangi atau menghindari mengonsumsi keju sebelum tidur akan membuat Anda tertidur lebih cepat dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

5 dari 6 halaman

4. Cokelat Hitam

Cokelat memang merupakan satu di antara makanan yang dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh. Namun, jenis cokelat hitam dapat membuat Anda terjaga lebih lama di malam hari.

Cokelat mengandung kafein yang cukup tinggi, stimulan yang dapat ditemui di berbagai makanan favorit kita. Makin hitam cokelat, akan mengandung makin banyak kafein.

Beberapa jenis cokelat hitam dapat mengandung 80 miligram kafein hanya dalam satu batang, jumlah yang sama yang ditemukan dalam sekaleng minuman berenergi.

6 dari 6 halaman

5. Makanan Pedas

Makanan pedas yang biasanya Anda konsumsi mengandung banyak asam dan sebaiknya tidak dikonsumsi di malam hari agar Anda tidak terjaga semalaman.

Asam dalam makanan pedas dapat menyebabkan masalah pencernaan dan memicu kondisi seperti gangguan pencernaan dan meningkatnya asam lambung.

Berbaring dengan perut penuh makanan pedas jauh lebih mungkin untuk meningkatkan peluang Anda memiliki masalah pada perut dan pencernaan, yang dapat membuat Anda sulit untuk tidur.

Sumber: Daily Entertainment

Video Populer

Foto Populer