Sukses


6 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Dapat Cegah Diabetes

Bola.com, Jakarta - Kacang kedelai mungkin bukan jenis kacang-kacangan yang asing bagi Anda. Kacang jenis ini sering diolah menjadi berbagai macam masakan dan camilan.

Banyak olahan kacang kedelai yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan juga kacang kedelai yang diberi rasa tertentu dan menjadikannya sebagai camilan lezat.

Selain menjadi favorit berbagai kalangan, kacang kedelai juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan asam folat.

Kacang kedelai juga mengandung berbagai mineral menyehatkan seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Kandungan protein, serat, serta isoflavon dalam kacang kedelai juga cukup tinggi.

Kacang kedelai merupakan satu di antara makanan pokok bagi orang China dan Jepang, manfaatnya dapat sangat terlihat dari kondisi kesehatan orang di negara tersebut yang memiliki risiko kecil terkena berbagai macam penyakit termasuk kanker dan osteoporosis.

----------

Kabar Ramadhan: Mau Buka Puasa Bareng Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama 1000 orang, artis dan live musik. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

----------

Susu yang terbuat dari kacang kedelai juga sering dijadikan sebagai pengganti susu sapi, bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi produk hewani.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi kacang kedelai, beberapa di antaranya adalah dapat membantu meringankan masalah tidur dan menyehatkan kondisi jantung.

Berikut Bola.com merangkum dari Healthify Me, 6 manfaat kacang kedelai bagi kesehatan tubuh.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 4 halaman

Membantu Masalah Tidur

1. Membantu Masalah Tidur

Jika Anda memiliki masalah tidur, mungkin Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi kedelai sebelum tidur. Kedelai dipercaya dapat membantu masalah tidur dan memperbaiki kualitas tidur.

Kacang kedelai mengandung magnesium yang cukup tinggi. Magnesium telah terbukti dapat meningkatkan ketenangan, sehingga Anda dapat memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

2. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi kacang kedelai dengan cukup rutin dan sesuai porsi yang dianjurkan dapat membantu seseorang mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

Kedelai memiliki kemampuan dalam mengatur reseptor insulin, yang pada akhirnya insulin dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh, dan mengurangi risiko munculnya diabetes.

Selain itu diabetes merupakan sumber makanan yang mengandung sedikit karbohidrat dan tinggi akan kandungan serat, sehingga sangat baik dijadikan sebagai makanan bagi seseorang yang telah terkena diabetes.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Saat Kehamilan

3. Menjaga Kesehatan Saat Kehamilan

Kacang kedelai kaya akan kandungan asam folat dan vitamin B kompleks yang sangat penting dalam menjaga kesehatan wanita hamil. Mengonsumsi susu kedelai dapat mencegah masalah pada bayi saat dilahirkan.

Selain itu mengonsumsi kedelai juga dapat memperlancar saat persalinan dan menyehatkan bagi bayi. Berbagai gangguan pada bayi cukup normal jika wanita hamil tidak mengonsumsi cukup gizi, sehingga penting bagi mereka untuk menjaga asupan makanan bernutrisi.

4. Menyehatkan Tulang

Kacang kedelai memiliki kandungan vitamin dan juga berbagai mineral yang cukup tinggi. Seperti seng, selenium, tembaga, magnesium, dan kalsium yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

Semua elemen yang terkandung di dalam kacang kedelai tersebut membantu menyehatkan tulang, membantunya agar tidak mudah keropos, dan mengurangi risiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis.

 

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang kedelai merupakan sumber lemak tak jenuh yang cukup baik dan dapat membantu seseorang untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi cenderung memiliki risiko terkena berbagai macam masalah dan penyakit jantung. Sehingga mengonsumsi kacang kedelai dengan rutin dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Satu di antara mengapa kacang kedelai begitu populer di dunia adalah, karena kacang kedelai dapat membantu seseorang memiliki berat badan yang cukup ideal.

Protein yang tekandung dalam kacang kedelai membantu dalam memiliki masa otot yang lebih ramping, dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Sumber: Healthify Me

Video Populer

Foto Populer