Sukses


Perlu Dicermati, 6 Cara Ini Dapat Anda Lakukan untuk Mengatasi Depresi

Bola.com, Jakarta - Depresi adalah suatu kondisi di mana mental memiliki gangguan dan biasanya berkaitan erat dengan suasana hati. Orang yang mengalami Depresi biasanya terlihat murung dan kurang semangat.

Depresi dapat segera sembuh jika ditangani dengan cepat dan benar.Menemui terapis mungkin dapat menjadi satu di antara cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan Depresi.

Penyakit mental ini bisa dialami berbagai kalangan pria, wanita, tua, maupun muda. Biasanya, depresi muncul karena pengaruh lingkungan sekitar.

Depresi yang dialami oleh seseorang dapat berpengaruh dalam kegiatan sehari-hari, karena seseorang akan merasa kurang bersemangat dan tidak memiliki tenaga.

Tidak jarang sebagian besar orang yang mengalami depresi merasa bahwa hidupnya sudah tidak berguna lagi, dan jika dibiarkan terus-menerus dapat berbahaya.

Ada beberapa hal yang bisa Anda hindari agar tidak mengalami depresi, di antaranya adalah tidak terlalu banyak menggunakan sosial media, mengurangi merokok, dan menjaga waktu tidur.

Gangguan kecemasan dan panik adalah hal yang sering dirasakan oleh orang yang mengalami depresi.

Sebelum menjadi lebih parah, depresi harus segera ditangani. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi depresi, satu di antaranya adalah menemui terapis.

Berikut Bola.com merangkum dari Daily Entertainment, Selasa (5/5/2020), enam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi depresi.

2 dari 4 halaman

Mencari Kesenangan

1. Mencari Kesenangan

Meski terdengar menjadi kegiatan yang sepele dan mudah dilakukan, mencari sebuah kesenangan dapat membantu Anda mengatasi atau mengurangi rasa depresi.

Depresi adalah penyakit mental yang berkaitan dengan suasana hati yang membuat pengidapnya merasa sedih dan lemas. 

Dengan melakukan sesuatu kegiatan yang menyenangkan, seperti bercanda bersama kerabat dan melakukan hobi, dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi, dan rasa sedih.

2. Menemui Terapis

Depresi sering kali timbul akibat berbagai masalah yang dihadapi seseorang dalam hidupnya. Banyak hal yang mungkin dapat menimbulkan depresi, seperti masalah pekerjaan dan masalah percintaan.

Berbagi cerita atau menceritakan masalah yang dialami dapat mengurangi rasa depresi, namun terkadang seseorang merasa malu untuk menceritakan masalahnya kepada teman ataupun keluarga dekat.

Hal tersebut normal terjadi. Anda dapat menemui terapis untuk membicarakan masalah yang dimiliki tanpa rasa malu. Selain itu, terapis merupakan ahli yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

3 dari 4 halaman

Memiliki Rutinitas

3. Memiliki Rutinitas

Satu di antara penyebab depresi yang menimpa seseorang mungkin adalah tidak memiliki sebuah rutinitas yang jelas, sehingga suasana hati selalu berubah-ubah setiap harinya.

Memiliki rutinitas baru mungkin bisa menjadi cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan depresi. Anda dapat pergi ke gym setelah bekerja atau makan bersama keluarga di luar rumah.

Dengan hal itu, suasana hati akan meningkat dan membuat Anda merasa senang sehingga rasa sedih yang biasanya diakibatkan oleh depresi dapat hilang.

4. Berolahraga

Berolahraga secara rutin tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, namun juga dapat mengatasi atau mengurangi depresi yang dialami.

Selain menjadi kegiatan yang dapat membuat Anda lupa dengan kesedihan yang dialami, berolahraga dapat melancarkan darah yang menuju otak, sehingga otak dapat bekerja dengan normal dan mudah berkonsentrasi, yang pada akhirnya dapat mengurangi depresi.

Berolahragalah secara rutin setiap hari. Mungkin Anda dapat mencoba berjalan mengelilingi lingkungan sekitar rumah atau berlari mengelilingi taman.

Usahakan Anda melakukannya di pagi hari, untuk mendapatkan udara yang lebih segar.

4 dari 4 halaman

Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

5. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit, namun dapat menghindarkan kita dari potensi depresi.

Apabila Anda memiliki waktu tidur yang kurang, akan sulit berkonsentrasi saat melakukan kegiatan sehari-hari. Tidur yang tidak cukup juga dapat dengan siginifikan berpengaruh pada suasana hati.

Menghindari insomnia dan begadang adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dan mengurangi rasa depresi yang mungkin sedang Anda alami.

6. Melakukan Sesuatu atau Hobi Baru

Memiliki sesuatu yang baru seperti hobi, kegiatan, dan teman yang baru dapat memengaruhi suasana hati secara keseluruhan, sehingga dapat mengurangi rasa depresi.

Anda dapat mencari kegiatan baru atau hobi baru yang mungkin belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Dengan hal tersebut, Anda terkadang juga bisa menemukan teman baru.

Hal-hal baru yang dilakukan tersebut dapat menghilangkan rasa sedih dan tidak bersemangat yang biasanya menjadi gejala munculnya depresi.

Sumber: Daily Entertainment

Nominasi Ballon d'Or dari Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer