Sukses


5 Jenis Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Bola.com, Jakarta - Otak memliki banyak fungsi penting pada sistem tubuh kita. Secara khusus, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari dapat memengaruhi kesehatan dan kinerja otak.

Makin sehat makanan dan minuman yang kita konsumsi, makin kuat dan sehat pula kinerja otak.

Banyak kalangan yang lalai dalam menjaga kesehatan otak, misalnya dengan kurang meminum air putih dan terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak pengawet.

Kita harus menjaga asupan makanan dan minuman sehat bagi tubuh. Mengonsumsi makanan yang memiliki banyak nutrisi sangat disarankan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja otak.

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik juga dapat berpengaruh pada kinerja otak, karena saat melakukan aktivitas fisik, hal tersebut akan memperlancar darah yang dipenuhi dengan oksigen menuju ke otak.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat Anda masukan ke daftar menu Anda setiap hari, yang dapat membantu meningkatkan kinerja otak.

Berikut Bola.com merangkum dari beberapa sumber, Kamis (7/5/2010), lima makanan yang dapat membantu meningkatkan kinerja otak.

2 dari 6 halaman

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti ikan salmon, tuna, dan ikan sarden merupakan jenis makanan yang kaya kandungan omega-3 dan baik untuk meningkatkan kinerja otak.

Omega-3 memiliki peran penting dalam meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Omega-3 juga bermanfaat bagi pertumbuhan sel saraf dan sel pada otak.

Dengan demikian, mengonsumsi ikan berlemak secara rutin dapat meningkatkan kinerja otak sehingga Anda dapat menjadi lebih waspada dan kemampuan berpikir meningkat.

3 dari 6 halaman

Brokoli

Mengonsumsi brokoli dapat memiliki berbagai manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Sayuran hijau satu ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Brokoli dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kinerja otak. Hal tersebut karena brokoli kaya vitamin K yang dipercaya dapat memghambat penurunan fungsi kognitif dan kinerja otak.

Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, Anda dapat mencari brokoli yang masih dalam keadaan segar dan berwarna hijau, dan sebisa mungkin tidak memberikan tambahan banyak garam pada brokoli yang Anda konsumsi.

4 dari 6 halaman

Kopi

Meminum kopi memiliki manfaat dalam meningkatkan kinerja otak. Itulah mengapa, tidak heran banyak kalangan yang meminum kopi pada pagi hari untuk memingkatkan konsentrasi.

Kopi mengandung kafein dan sifat antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja otak. Hal tersebut karena kafein dapat membuat orang terhindar dari rasa mengantuk dan membuat mereka lebih fokus.

Kopi juga dapat meningkatkan kadar senyawa serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati. Memiliki suasana hati yang bagus, cukup berpengaruh terhadap kinerja otak yang lebih lancar.

5 dari 6 halaman

Air Putih

Asupan air putih secara rutin dapat membuat tubuh kita selalu terhidrasi sehingga dapat melancarkan aliran darah dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Sebaliknya, kekurangan asupan air putih dapat berpengaruh terhadap kinerja otak. Saat seseorang tidak memiliki asupan air putih yang cukup, peredaran darah yang kaya oksigen ke dalam otak akan terhambat. 

Kinerja otak pun akan mengalami penurunan. Akibatnya, kita akan sulit berkonsentrasi saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Cukupi asupan air putih Anda paling tidak delapan gelas dalam sehari. Dengan itu tubuh akan menjadi lebih sehat dan kinerja otak akan menjadi lebih kuat.

6 dari 6 halaman

Alpukat

Alpukat adalah satu di antara jenis buah yang memiliki banyak nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.

Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu meningkatkan kinerja dan kesehatan otak. Alpukat mengandung vitamin E dan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan, yang dapat menurunkan risiko terkena alzheimer.

Selain itu kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat dapat memperlancar aliran darah, sehingga aliran darah yang menuju otak akan lebih lancar dan meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer