Sukses


Sebagai Alternatif Menu Diet dan 6 Manfaat Lain Mengonsumsi Singkong

Bola.com, Jakarta - Singkong merupakan satu di antara bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Singkong termasuk sumber karbohidrat yang banyak disukai orang. Sekitar 80 negara tropis, warganya terbiasa makan singkong.

Sebanyak 98 persen kandungan singkong adalah karbohidrat, sisanya protein dan lemak.

Singkong bisa diolah menjadi tepung, cemilan, dan lain sebagainya.

Sebagai makanan pokok, singkong bisa dinikmati dengan cara direbus atau digoreng. 

Dengan kandungan nutrisinya yang beragam, singkong memiliki manfaat bagi kesehatan. Umbi yang memiliki nama latin Manihot utilissima ini mengandung karbohidrat, fosfor, kalsium, vitamin, dan protein.

Mengonsumsi singkong bisa meningkatkan kesehatan usus seseorang, yakni dengan membantu memelihara bakteri usus yang bermanfaat.

Diperkaya berbagai nutrisi di dalamnya, Anda bisa mendapatkan energi ekstra untuk menjalani aktivitas sehari-hari jika mengonsumsi singkong.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat mengonsumsi singkong bagi kesehatan, Rabu (6/5/2020).

2 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan

1. Menurunkan Berat Badan

Singkong mengandung serat tinggi dan akan membuat Anda mudah kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Singkong penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Singkong yang direbus adalah pilihan yang tepat untuk dimasukkan ke daftar makanan saat program diet. Singkong bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal.

Karbohidrat dalam singkong terdiri dari serat, lemak, dan kalori sehat.

2. Baik untuk Mata

Singkong kaya vitamin A dan senyawa seperti beta karoten. Nutrisi ini baik untuk kesehatan mata.

Mengkonsumsi singkong dapat mencegah timbulnya masalah mata, seperti penglihatan buram atau buruk.

3 dari 4 halaman

Baik untuk Sistem Pencernaan

3. Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfat singkong yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Singkong memiliki kandungan serat yang banyak dan sulit larut dalam air sehingga mampu menyerap lebih banyak racun dalam sistem pencernaan dan membuangnya saat BAB (Buang Air Besar).

Pati resisten dalam singkong memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati resisten paling banyak dikandung oleh singkong yang telah dimasak dalam bentuk utuh.

4. Menyehatkan Rambut

Mengonsumsi singkong mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, singkong berfungsi menjaga kekuatan rambut dan mencegah rambut rontok.

Pemakaian masker rambut dari singkong mampu memperbaiki kerusakan rambut.

4 dari 4 halaman

Menguatkan Tulang

5. Kuatkan Tulang

Tubuh perlu mengonsumsi sejumlah nutrisi untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Singkong memiliki kandungan kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

Kandungan tersebut sangat penting untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi singkong membantu mengasimilasi kalsium ke dalam tulang dan berperan dalam mengaktifkan vitamin D di ginjal.

Rutin mengonsumsi singkong dipercaya membantu mencegah osteoporosis.

6. Mencegah Diabetes

Dalam Journal of Nutrition and Human Health menyatakan bahwa mengonsumsi singkong secara efektif mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, pati resisten berkontribusi pada kesehatan metabolisme yang lebih baik dan mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Singkong juga memiliki kandungan serat dan vitamin A yang baik untuk mencegah diabetes. Ini karena potensinya untuk meningkatkan kontrol gula darah, di samping perannya untuk meningkatkan rasa kenyang.

7. Tingkatkan Energi

Karbohidrat yang tinggi dalam singkong merupakan sumber energi bagi tubuh. Mengonsumsi singkong bisa menambah energi sebesar 110-150 kalori per 100 gram.

Jumlah kalori ini lebih tinggi daripada kalori pada umbi-umbi lainnya, dan Anda lebih baik mengonsumsi singkong rebus untuk meningkatkan energi.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer