Sukses


Dari Apel hingga Cokelat Hitam, 6 Jenis Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Bola.com, Jakarta - Tubuh sebenarnya membutuhkan kandungan kolesterol yang dapat membantu pembentukan sel di dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyumbat pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Melihat gaya hidup tidak sehat yang sering diterapkan akhir-akhir ini, kolesterol tinggi tidak hanya didiap orang tua saja, namun remaja dan bahkan anak-anak juga dapat memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Kadar kolesterol di dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh berbagai macam makanan yang dikonsumsi sepanjang hari.

Berbagai macam makanan yang mengandung lemak cukup tinggi, seperti daging merah, jeroan, dan kuning telur, dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh sehingga harus dikurangi konsumsinya.

Di sisi lain, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, satu di antaranya mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti brokoli dan apel, dapat Anda konsumsi secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, enam jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol, Kamis (7/5/2020).

2 dari 4 halaman

Susu Kedelai

1. Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki berbagai manfaat kesehatan pada tubuh. Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada susu kedelai dapat menjaga kesehatan tubuh, khususnya tulang dan gigi.

Kandungan isovlavon yang cukup tinggi pada susu kedelai bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tidak hanya susu kedelai, olahan yang berasal dari kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga kaya kandungan isovlavon.

Dengan mengonsumsi susu kedelai atau olahan makanan dari kacang kedelai lainnya, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol atau menjaga agar tidak memiliki kadar kolesterol tinggi.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Alpukat mengandung serat yang cukup banyak dan lemak tak jenuh, yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3 dari 4 halaman

Kentang

3. Kentang

Kentang kerap dikenal sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Kentang kaya kandungan serat larut. Dengan mengonsumsi makanan mengandung serat larut, dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kadungan lima gram serat larut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kentang berukuran sedang. Untuk mendapatkan manfaat serat larut dengan maksimal, konsumsi kentang bersama dengan kulitnya.

4. Apel

Mengonsumsi buah apel dengan rutin dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut karena apel mengandung pektin yang merupakan serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Pektin yang terdapat pada apel, dan khususnya pada kulit apel, bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat pada usus, yang pada akhirnya akan ikut larut saat buang air besar.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, cari apel yang masih dalam keadaan segar, dan konsumsi apel bersama kulitnya.

4 dari 4 halaman

Jeruk Nipis

5. Jeruk Nipis

Meminum ekstrak jeruk nipis setiap hari dapat membantu upaya menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal tersebut karena jeruk nipis kaya kandungan flavonoid.

Flavonoid bertugas sebagai antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk mengurangi paparan radikal bebas dan juga berbagai macam molekul yang dapat merusak sel, termasuk kolesterol jahat (LDL).

6. Cokelat Hitam

Cokelat hitam seringkali dijadikan sebagai bahan campuran saat membuat kue. Namun, mengonsumsi cokelat hitam tanpa dicampur dengan bahan yang lain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Cokelat hitam juga dapat mencegah kolesterol jahat (LDL) dari terjadinya oksidasi, yang terkadang hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah pada jantung.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer