Sukses


Tips Mengatasi Komedo Membandel Tanpa Bantuan Alat

Bola.com, Jakarta - Selain jerawat, komedo menjadi permasalahan kulit, khususnya di wajah, yang menyebalkan. Banyak orang berupaya melenyapkan komedo dari wajah mereka dengan berbagai cara.

Terkadang, tanpa sadar seseorang jadi gemar memencet-mencet komedo tersebut, yang justru berdampak negatif karena bisa memicu munculnya jerawat.

Komedo muncul akibat pori-pori tersumbat sel kulit mati dan minyak berlebih. Hal lain yang menyebabkan timbulnya komedo, seperti peningkatan jumlah bakteri pada kulit, perubahan hormon, pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia, konsumsi obat maupun jenis makanan tertentu, merokok, hingga kurang tidur.

Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan.

Ada dua jenis komedo, yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Anda bisa membersihkan komedo sendiri. Melakukan ekstraksi sendiri mungkin menyenangkan, namun dapat meningkalkan bekas permanen di kulit.

Anda juga tidak disarankan tidak menggunakan tangan kosong karena dapat berisiko menimbulkan jerawat, sementara tak semua "terampil" membersihkan komedo dengan menggunakan alat.

Namun, Anda tak perlu kebingungan. Seperti diilansir dari Stylecaster, ternyata ada cara mengatasi masalah komedo yang mengganggu tanpa alat maupun memecetnya secara langsung.

Berikut hasil rangkuman Bola.com dari Fimela, Kamis (7/5/2020), cara mudah mengatasi masalah komedo yang mengganggu tanpa alat.

2 dari 3 halaman

Uap

1. Mengidentifikasi masalah

Sebagai permulaan, pastikan masalah kulit Anda benar-benar komedo. Titik-titik kecil yang ada di wajah bisa saja bukan komedo, namun filamen sebaceous.

Filamen sebaceous adalah fungsi normal folikel. Komedo biasanya bertekstur, berwarna hitam, tebal, dan berminyak.

2. Pencegahan

Pencegahan harus menjadi cara pertahanan terhadap kerusakan kulit, termasuk komedo. Mulai dengan menggunakan produk pembersih yang lembut untuk eksfoliasi.

3. Uap

Sebagai ganti alat ekstraksi, uap merupakan cara preventif yang lembut untuk kulit. Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki masalah melasma atau hiperpigmentasi.

Anda bisa memanaskan air sampai mengeluarkan asap, taruh kepala di atas uap selama lima menit untuk melembutkan kulit. 

3 dari 3 halaman

Jaga Kelembapan Kulit

4. Tekan ke atas

Ketika melakukan ekstraksi, lakukan dengan tangan yang bersih dan terbungkus tisu atau kapas. Tekan ke arah atas, bukan ke bawah kulit, karena cara yang salah akan berpotensi menyebarkan bakteri di bawah kulit.

5. Menenangkan Kulit

Setelah mengekstraksi, membersihkan dan merawat kulit menjadi langkah yang paling penting. Segera bersihkan kuilt dengan produk yang mengandung AHA dan BHA sebagai penyeimbang.

6. Menjaga kelembapan kulit

Cara terbaik untuk mencegah munculnya komedo adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin dan menjaga kelembapan kulit. Gunakan produk yang mengandung humektan, seperti asam hialuronat, benzoil peroksida, dan retinol.

 

Sumber asli: Stylecaster

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Anissa Wulan, Editor: Nabila Mecadinisa. Published: 5/5/2020)

Video Populer

Foto Populer