Sukses


6 Makanan yang Dapat Mencegah Penuaan Dini, Bisa Dikonsumsi Secara Rutin

Bola.com, Jakarta - Proses penuaan pada seseorang adalah sesuatu yang normal dan terjadi dengan alami. Namun, tak sedikit dari kita yang ingin selalu terlihat awet muda dan menjauhi penuaan dini.

Satu di antara tanda penuaan adalah kulit yang mengalami keriput dan kehilangan elasitasnya. Hal tersebut cukup ditakuti banyak kalangan, khususnya para wanita karena dapat memengaruhi penampilan.

Berbagai hal dapat menjadi faktor terjadinya penuaan dini, termasuk paparan radikal bebas yang biasanya dihasilkan oleh polusi udara, yang membawa banyak zat kimia berbahaya.

Selain itu, gaya hidup juga cukup memengaruhi terjadinya penuaan dini. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat dan tidak memiliki waktu tidur yang cukup juga merupakan faktor penyebab penuaan dini.

Untuk menghindari penuaan dini, kita harus memiliki gaya hidup yang sehat, seperti rajin melakukan aktivitas fisik agar kulit tetap terjaga kesehatannya dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Banyak yang mencoba berbagai obat agar terhindar dari penuaan dini. Namun, penggunaan obat-obatan biasanya memiliki efek samping karena megandung bahan kimia.

Di sisi lain, ada cara alami yang bisa memperlambat penuaan dini, semisal dengan rutin mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti buah semangka dan anggur.

Berikut Bola.com berikan informasi, enam jenis makanan yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk mencegah penuaan dini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Semangka

1. Semangka

Semangka adalah satu di antara buah yang memiliki banyak kandungan air dan serat. Selain itu buah berwarna merah ini memiliki kandungan vitamin A, C, D, dan E yang cukup tinggi.

Kandungan air dan vitamin dalam semangka yang cukup tinggi dapat membantu mencegah penuaan dini dengan mengurangi gejalanya, seperti kulit keriput.

Anda dapat mengonsumsi buah semangka secara langsung, mecampurkannya ke dalam salad, atau membuatnya sebagai jus yang segar dan lezat.

2. Kubis

Sayuran kubis mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah vitamin C, vitam E, vitamin K, folat potasium, kalsium, dan beta karoten.

Berbagai jenis nutrisi yang terkandung di dalam kubis tersebut dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, karena nutrisi tersebut membantu menjaga kesehatan kulit.

Mengonsumsi kubis secara langsung atau dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan akan membuat kulit lebih sehat dan terhidar dari berbagai masalah kulit.

3 dari 4 halaman

Delima Merah

3. Delima Merah

Buah delima sering diambil ekstraknya sebagai bahan dalam obat perawatan kecantikan karena buah ini dipercaya dapat menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Buah delima mengandung polifenol dan vitamin C yang bersifat antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas. Kulit yang terpapar radikal bebas akan dengan mudah mengalami masalah, seperti keriput dan hilangnya kelenturan.

Mengonsumsi buah delima secara rutin dapat mengurangi risiko atau mencegah penuaan dini karena menangkal paparan radikal bebas pada permukaan kulit.

4. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan mata dan menghindarkan mata dari berbagai gangguan yang berkaitan dengan usia. Selain itu wortel dapat membantu mencegah penuaan dini.

Wortel kaya kandungan vitamin A dan beta karoten yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Wortel juga memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang biasanya menjadi penyebab penuaan dini.

4 dari 4 halaman

Alpukat

5. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan serat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu alpukat mengandung sifat antiinflamasi.

Sifat antiinflamasi yang terdapat pada alpukat dapat membantu mencegah penuaan dini karena mampu melawan peradangan yang terjadi pada kulit dan dapat melembabkan kulit sehingga terhindar dari munculnya kulit keriput.

Alpukat dapat Anda konsumsi langsung tanpa campuran apa pun, membuatnya sebagai jus, atau membuat alpukat sebagai campuran masker untuk kulit.

6. Anggur

Anggur adalah satu di antara buah yang memiliki nutrisi cukup tinggi. Buah ini kaya akan kandunga antioksidan dan polifenol yang dapat membantu Anda dalam mencegah penuaan dini.

Sifat antioksidan dan kandungan polifenol dalam buah anggur dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan mencegah munculnya keriput pada kulit.

Sumber: Berbagai sumber

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer