Sukses


Cara Alami Menghilangkan Jerawat di Punggung

Bola.com, Jakarta - Jerawat merupakan problem kulit yang sering dijumpai baik di kalangan pria maupun wanita. Jerawat bisa menyebabkan ketidakpercayaan diri karena dianggap mengurangi penampilan. Apalagi jika terdapat di bagian wajah.

Namun, jerawat tidak hanya bisa muncul di bagian wajah, melainkan juga di bagian lain tubuh, seperti dada, leher, dan punggung.

Problem jerawat tidak hanya dialami kalangan muda. Mereka yang sudah beranjak dewasa, masih bisa berhadapan dengan persoalan jerawat.

Jerawat muncul ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. 

Ada berbagai hal yang menyebabkan munculnya jerawat, mulai makanan, bakteri, stres, hormon yang tidak stabil, kadar minyak yang berlebih pada kulit, keturunan, kebiasaan merokok, hingga penggunaan kosmetik.

Kemunculan jerawat juga berbeda-beda bagi setiap orang, namun biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik di bagian tubuh.

Secara khusus, sama halnya jerawat yang lain, jerawat yang berada di punggung terjadi karena akar rambut di bawah kulit tersumbat. Kelebihan produksi minyak, penumpukan bakteri, dan peradangan kelenjar penghasil minyak juga dapat berperan dalam pembentukan jerawat di punggung.

Sama halnya jerawat yang berada di wajah, jerawat di punggung juga bisa menjadi pemicu turunnya kepercayaan diri seseorang, terutama kaum wanita.

Namun, tak perlu terlalu khawatir, jerawat di punggung tentu bisa disembuhkan seperti halnya di jerawat di wajah. 

Berikut Bola.com telah merangkum dari Fimela, Jumat (8/5/2020), cara alami untuk mengatasi jerawat menyebalkan yang ada di punggung.

2 dari 3 halaman

Emolien Botani

1. Minyak pohon teh

Studi menunjukkan minyak pohon teh dapat membantu membunuh bakteri di kulit yang membantu pembentukan jerawat. Carilah produk sabun yang mengandung minyak pohon teh untuk meringankan masalah jerawat punggung.

2. Eksfoliator alami

Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit, mencegah pori-pori tersumbat. Campurkan gula cokelat dan madu mentah dengan bagian yang sama, serta gunakan sikat kering untuk mengaplikasikannya di tubuh.

Hindari eksfoliasi di area tubuh yang berjerawat untuk menghindari peradangan dan iritasi tambahan.

3. Makanan rendah glikemik

Makanan dengan kandungan glikemik yang tinggi dapat membuat tubuh lebih mudah berjerawat. Untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, cobalah melakukan diet dengan kandungan glikemik yang rendah, seperti mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

4. Emolien botani

Lantaran krim dan minyak tubuh yang mengandung minyak mineral, lanolin sintetis, dan mentega kakao dapat memperburuk jerawat, cobalah menghidrasi kulit tubuh dengan produk yang berasal dari tumbuhan bebas minyak, seperti gel lidah buaya.

Anda juga dapat menggunakan produk yang tidak menyumbat pori-pori yang pada akhirnya menyebabkan munculnya jerawat, seperti minyak argan, shea butter, dan minyak buckthorn laut.

3 dari 3 halaman

Mengurangi Asupan Susu

5. Makanan Antiinflamasi

Peradangan dan jerawat erat kaitannya dengan makanan, maka cobalah lakukan diet dengan makanan yang memiliki fungsi antiperadangan, seperti beri, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat mengurangi risiko munculnya jerawat.

6. Mengurangi asupan susu

Mengurangi asupan susu dapat mencegah munculnya jerawat punggung. Penelitian menunjukkan androgen dan hormon pertumbuhan yang dapat merangsang perkembangan jerawat ditemukan dalam produk susu.

7. Mempelajari manajemen stres

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Dermatology pada 2003 membuktikan jerawat berkaitan dengan stres. Untuk mengurangi jerawat, cobalah mempelajari manajemen stres.

8. Makanan kaya seng

Beberapa penelitian menunjukkan seng dapat membantu menjinakkan peradangan yang terkait dengan jerawat dan membatasi produksi minyak di kulit. Tingkatkan asupan seng dengan mengonsumsi makanan, seperti biji gandum, tiram, biji labu, dan bayam.

 

Sumber asli: Very Well Health

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Anissa Wulan, Editor: Meita Fajriana. Published: 20/12/2018)

Video Populer

Foto Populer