Sukses


Sehatkan Jantung dan Kurangi Stres, ini 6 Manfaat Cokelat Hitam bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Cokelat merupakan satu di antara sekian banyak makanan favorit banyak kalangan di seluruh dunia. Makanan jenis ini diolah dari tanaman kakao dan terdiri berbagai jenis.

Rasanya yang manis menjadikan cokelat sebagai hidangan favorit untuk mencuci mulut atau hidangan penutup setelah mengonsumsi makanan besar.

Ada berbagai macam jenis cokelat yang dapat dikonsumsi, mulai cokelat susu, cokelat berperisa, hingga cokelat hitam yang memiliki manfaat paling banyak dari jenis cokelat yang lain.

Selain dapat diolah menjadi hidangan penutup, cokelat juga biasanya dikonsumsi dalam bentuk batangan atau minuman hangat.

Cokelat hitam menjadi satu di antara berbagai jenis cokelat yang memiliki manfaat cukup banyak bagi kesehatan karena tidak memiliki banyak bahan campuran seperti jenis lainnya.

Cokelat hitam mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi.

Cokelat hitam juga kaya kandungan sifat antioksidan seperti flavonoid, katekin, dan polifenol. Banyaknya kandungan nutrisi pada cokelat hitam tersebut membuatnya sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Anda dapat dengan mudah membeli cokelat di pasaran. Selain mudah ditemukan, cokelat juga bisa kita dapatkan dalam bentuk batangan, bubuk, dan cokelat cair.

Ada berbagai manfaat dari cokelat hitam bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai porsi yang ditentukan, di antaranya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan mengruangi rasa stres.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Senin (11/5/2020), enam manfaat cokelat hitam bagi kesehatan.

2 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan satu di antara penyakit yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut karena penyakit jantung dapat mengancam jiwa pengidapnya.

Penyakit jantung dapat disebabkan beberapa faktor, seperti terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan keadaan tekanan darah yang terlalu tinggi.

Anda dapat mengonsumsi cokelat hitam yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Hal tersebut karena cokelat hitam mengandung antioksidan dan kalium, yang cukup ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk batangan atau minuman hangat.

3 dari 7 halaman

Meredakan Stres

Stres merupakan kondisi yang sangat tidak mengenakan bagi setiap orang, karena saat mengalami stres, suasana hati seseorang akan menurun dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan stres, satu di antaranya adalah cokelat hitam. Hal ini karena cokelat hitam dapat mengurangi hormon penyebab stres, sehingga stres menjadi sedikit berkurang.

Anda dapat membuat secangkir cokelat hangat, ketika merasa stres atau suasana hati yang sedang tidak baik. Secangkir cokelat hangat dapat memperbaiki suasana hati dan membantu menghilangkan stres.

4 dari 7 halaman

Menyehatkan Otak

Cokelat hitam dapat bermanfaat membantu menjaga kesehatan otak. Hal ini karena cokelat hitam mengandung berbagai macam nutrisi dan sifat antioksidan.

Sifat antioksidan dan berbagai nutrisi yang terkandung dalam cokelat hitam dapat membantu melancarkan aliran darah yang dipenuhi oleh oksigen menuju ke otak.

Dengan mengonsumsi cokelat hitam secara rutin, dapat menjaga kesehatan otak secara keseluruhan, dan menghindarkan dari terjadinya gangguan kognitif hingga munculnya Alzheimer.

5 dari 7 halaman

Mencegah Risiko Terkena Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah cukup tinggi sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran darah yang dipenuhi oksigen ke seluruh tubuh.

Penyakit ini biasanya muncul karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula, yang menyebabkan hormon insulin yang bertugas dalam mengatur kadar gula dalam darah bekerja tidak normal.

Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu Anda mengurangi risiko terkena diabetes karena cokelat hitam dapat meningkatkan kadar nitrit dioksida dalam tubuh, yang bertugas dalam peningkatan sensitivitas insulin.

Insulin dalam tubuh yang bekerja dengan normal, dapat menjaga atau mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga tidak menjadi berlebihan dan menyebabkan diabetes.

6 dari 7 halaman

Menyehatkan Kulit

Cokelat hitam mengandung sifat antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu menjaga kulit dari paparan radikal bebas dan sinar ultra violet.

Paparan radikal bebas dan sinar UV yang terlalu sering pada kulit dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit, seperti timbulnya kanker kulit, kulit menjadi keriput, dan terjadi penuaan dini.

Anda dapat menjadikan cokelat hitam sebagai masker untuk kulit, mengonsumsinya secara langsung, atau menggunakan krim yang terbuat dari ekstrak cokelat hitam.

7 dari 7 halaman

Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Paparan radikal bebas yang terlalu sering pada tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah atau menimbulkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh.

Paparan radikal bebas dapat meningkatkan sel kanker yang dapat menyebabkan munculnya berbagai macam jenis kanker, seperti kanker otak, kanker payudara, hingga kanker paru-paru.

Mengonsumsi cokelat secara rutin dapat mengurangi paparan radikal bebas pada tubuh dengan cukup efektif, karena cokelat mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer