Sukses


Perlu Anda Cermati, 6 Jenis Makanan Ini Ampuh Meredakan Perut Kembung

Bola.com, Jakarta - Perut kembung atau begah merupakan satu di antara kondisi yang mengganggu. Kondisi ini dapat memengaruhi produktivitas dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Perut kembung terjadi karena di dalam perut terdapat penumpukan gas yang tidak dapat dikeluarkan. Hal tersebut biasanya ditandai dengan sakit perut, terlalu sering buang gas, dan perut yang terlihat membesar.

Perut kembung juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di dalam usus kecil, biasanya disebabkan dari mengonsumsi makanan yang kurang terjaga kebersihannya.

Terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda dan efek dari siklus haid pada wanita, juga merupakan beberapa penyebab lain dari munculnya perut kembung.

Walau tidak berbahaya, perut kembung harus segera diatasi karena dapat mengganggu berbagai aktivitas yang Anda kerjakan, akibat rasa sakit dan tak nyaman pada perut.

Meski dapat sembuh dengan sendirinya, Anda dapat mengonsumsi berbagai macam jenis makanan yang bisa membantu meredakan kembung yang sedang Anda rasakan, seperti buah pepaya dan pisang.

Bola.com telah merangkum dari Daily Entertainment, Senin (11/5/2020), enam jenis makanan yang dapat meredakan perut kembung.

2 dari 4 halaman

Pepaya

1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang cukup populer di berbagai wilayah di dunia. Buah yang satu ini sering dikonsumsi berkat rasanya yang manis dan memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Satu di antara sekian banyak manfaat yang dimiliki pepaya untuk kesehatan adalah dapat meredakan perut kembung. Hal ini berkat enzim papain yang terdapat dalam pepaya, yang dapat membantu melancarkan pencernaan, yang pada akhirnya mengurangi rasa kembung.

2. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan dari susu yang sering dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut atau camilan yang lezat dan menyegarkan. Yogurt juga bermanfaat untuk mengurangi rasa kembung.

Hal tersebut karena yogurt mengandu probiotik, yang dapat melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan atau usus, yang biasanya menjadi penyebab munculnya kembung.

Selain itu, probiotik yang terdapat di dalam yogurt dapat meredakan masalah perut lainnya, seperti diare dan berbagai masalah lainnya.

3 dari 4 halaman

Pisang

3. Pisang

Kandungan kalium yang cukup tinggi pada pisang dapat membantu meredakan perut kembung, yang terjadi karena menahan terlalu banyak air, akibat dari terlalu banyaknya mengonsumsi makanan mengandung natrium.

Pisang mengandum kalium yang bermanfaat untuk menjaga kadar natrium tetap normal.

Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau mencampurkannya dengan oatmeal.

4. Selai Kacang

Selai kacang merupakan campuran favorit untuk membuat roti lapis bagi sebagian orang. Namun, kita juga dapat menambahkan selai kacang pada smoothie yang kita buat sebagai tambahan rasa.

Selai kacang mengandung niacin, yang bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menghindarkannya dari serangan bakteri. Dengan memiliki sistem pencernaan yang sehat, Anda akan terhindar dari perut kembung.

4 dari 4 halaman

Bayam

5. Bayam

Bayam merupakan satu di antara sayuran hijau yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena mengandung banyak zat. Anda dapat mengonsumsi bayam dengan berbagai cara, mulai membuatnya sebagai campuran sup hingga salad.

Bayam bisa jadi sayuran yang tidak terlalu disukai banyak orang, namun mengonsumsi bayam dapat meredakan perut kembung yang Anda alami. Hal ini karena kandungan serat tinggi pada bayam dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi berbagai masalah pada perut.

6. Mentimun

Saat mengalami perut kembung, Anda dapat mengambil timun untuk membantu meredakannya. Timun mengandung asam kefat, silika, dan vitamin C yang dapat mencegah retensi cairan di dalam perut, yang biasanya dapat membuat perut kembung.

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi timun. Anda dapat memasukannya ke salad atau membuatnya sebagai lalapan ketika memakan ayam goreng.

Usahakan untuk mencari timun yang masih dalam keadaan segar dan tidak layu.

Sumber: Daily Entertainmnet

Video Populer

Foto Populer