Sukses


Sebaiknya Dihindari, 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini Dapat Menyebabkan Diabetes

Bola.com, Jakarta - Diabetes adalah suatu kondisi dimana kadar gula dalam melewati batas normal. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, satu di antaranya makanan yang dikonsumsi.

Pola makan setiap hari sangat berpengaruh dengan kemunculan diabetes. Asupan makanan yang tidak dijaga dapat menambah kadar gula dalam darah sehingga kita tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menurunkan sensitivitas insulin, yang bertugas untuk mengontrol gula dalam darah.

Untuk mencegah munculnya diabetes, Anda harus menjaga asupan makanan semenjak dini, termasuk mengganti makanan yang tidak sehat dengan makanan yang penuh nutrisi.

Mengonsumsi makanan penuh nutrisi dan serat dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang pada akhirnya dapat mengontrol gula dalam darah penyebab munculnya diabetes.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur setiap hari juga dapat menekan tingginya kadar gula dalam darah.

Ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda kurangi atau bahkan hindari karena dapat menyebabkan munculnya diabetes.

Berikut Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, enam jenis makanan yang dapat menyebabkan diabetes, Rabu (13/5/2020).

2 dari 4 halaman

Makanan Tinggi Karbohidrat

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi seperti nasi, roti tawar, dan gula putih, menjadi beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan diabetes.

Jenis makanan tersebut lebih banyak mengandung gula dan kalori daripada serat dan vitamin, yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Beragai macam makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, biasanya mudah dicerna sehingga dapat meningkatkan gula dalam darah dan menurunkan kinerja insulin, yang dapat berakibat munculnya diabetes.

2. Yoghurt dengan Perasa

Yoghurt merupakan makanan terbuat dari olahan susu yang cukup menyehatkan bagi tubuh. Namun, yoghurt yang telah memiliki banyak campuran seperti perasa dan pemanis buatan, dapat menyebabkan diabetes.

Dalam yoghurt dengan perasa setiap 250 gram, dapat mengandung kurang lebih 45 gram gula, yang berarti di dalam jenis yoghurt tersebut dipenuhi oleh kalori.

Asupan kalori dan pemanis buatan yang terdapat di dalam yoghurt perasa dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan risiko terkena diabetes.

3 dari 4 halaman

Buah Kering

3. Buah Kering

Buah merupakan jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga dikenal luas dapat menyehatkan tubuh, namun lain halnya dengan buah kering.

Buah kering telah diproses sedemikian rupa, dengan menambahkan gula di dalamnya agar buah menjadi lebih awet dan memiliki rasa yang lebih manis.

Terlalu banyak mengonsumsi buah kering dapat meningkatkan glukosa di dalam aliran darah, yang dapat berisiko menimbulkan diabetes.

4. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, tidak sehat bagi tubuh, karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah.

Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, satu di antaranya dapat menimbulkan diabetes tipe 2.

Lemak jenuh dan lemak trans biasanya ada pada daging olahan seperti sosis dan juga terdapat pada berbagai makanan yang cara memasaknya dengan digoreng.

4 dari 4 halaman

Minuman Bersoda

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda menjadi faktor utama penyebab munculnya diabetes, karena mengonsumsi jenis minuman satu ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara signifikan.

Kebanyakan minuman bersoda memiliki tambahan pemanis buatan yang membuat rasanya menjadi sangat manis. Mengonsumsi terlalu banyak pemanis buatan dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah.

Untuk menghindari diabetes, Anda disarankan mengurangi atau bahkan menjauhi minuman bersoda, dan menggantinya dengan minuman sehat lainnya seperti air putih atau jus sayuran.

6. Kentang Goreng

Kentang merupakan makanan sehat yang dapat menggantikan nasi. Namun, berbeda jika mengonsumsi kentang dengan cara digoreng bukan direbus.

Kentang yang digoreng memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu, berbagai macam makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat menyebabkan diabetes.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer