Sukses


6 Buah Paling Bernutrisi, Sebaiknya Dikonsumsi saat Buka Puasa

Bola.com, Jakarta - Dalam bulan Ramadhan seperti saat ini, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk melakukan puasa atau tidak diizinkan mengonsumsi makanan dan minuman selama durasi tertentu.

Terkadang tidak adanya asupan makanan dan minuman dalam bentuk apa pun ke dalam tubuh, membuat tubuh menjadi lemas karena kekurangan nutrisi.

Dengan hal itu umat muslim dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi pada saat berbuka, untuk mengembalikan asupan nutrisi yang tidak didapat dalam sehari.

Ada beberapa makanan yang dapat kita konsumsi saat buka puasa Ramadhan dan memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi, satu di antaranya adalah buah-buahan.

Seperti diketahui, buah-buahan merupakan sumber makanan yang memiliki banyak nutrisi dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebagian besar kandungan nutrisi yang terkandung dalam berbagai jenis buah adalah vitamin C, yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, mengonsumi buah-buahan tidak memiliki efek samping cukup serius sehingga mengonsumsinya secara rutin setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Ada beberapa buah yang kaya nutrisi dan cocok dikonsumsi saat berbuka untuk mengembalikan asupan nutrisi dalam sehari.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/5/2020), enam jenis buah paling bernutrisi yang baik dikonsumsi saat buka puasa Ramadhan.

2 dari 7 halaman

Grapefruit

Grapefruit merupakan buah yang kaya kandungan nutrisi dan mineral, yang dapat membantu memelihara kesehatan tubuh dan menjaganya dari berbagai macam penyakit.

Buah ini juga cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi grapefruit sebelum mengonsumsi makanan utama dapat menghilangkan lemak yang tertumpuk di dalam tubuh.

Grapefruit sangat cocok dikonsumsi saat buka puasa karena dapat memberikan berbagai nutrisi yang tidak Anda dapatkan setelah seharian berpuasa.

Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau menjadikannya sebagai campuran salad buah atau jus yang dapat menyegarkan tubuh.

3 dari 7 halaman

Stroberi

Stroberi merupakan satu di antara buah populer yang paling sering ditemui di pasaran, dalam bentuk buah segar maupun berbagai produk olahannya.

Buah yang merupakan satu di antara keluarga beri ini adalah buah yang kaya kandungan nutrisi. Stroberi kaya vitamin C, yang dapat membantu menguatkan sistem metabolisme tubuh.

Setelah seharian puasa dan tubuh menjadi lemas, asupan stroberi yang dipenuhi vitamin C akan membuat tubuh Anda menjadi segar kembali.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah stroberi, usahakan Anda mencari buah yang masih dalam keadaan segar. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya ke dalam yoghurt.

4 dari 7 halaman

Nanas

Nanas cukup mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Buah yang tumbuh subur di negara beriklim tropis ini merupakan buah yang kaya kandungan nutrisi.

Selain stroberi yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, nanas juga memiliki kandungan serupa. dalam setiap satu cangkir jus nanas atau 237 ml, mengandung 131 persen kebutuhan akan vitamin C harian Anda.

Saat berbuka puasa, Anda dapat mengonsumsi nanas yang telah dicampurkan ke dalam sup buah untuk menyegarkan tubuh, atau membuatnya sebagai jus.

5 dari 7 halaman

Pepaya

Pepaya memiliki rasa yang manis dan bertekstur cukup empuk. Dengan rasanya yang manis tersebut, pepaya sering dijadikan buah favorit sebagai pencuci mulut.

Buah ini kaya kandungan nutrisi dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan juga senyawa seperti likopen.

Senyawa likopen dan vitamin C dapat membantu perawatan kulit sehingga bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, vitamin A pada pepaya merupakan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Saat buka puasa, Anda dapat membuat salad buah dengan pepaya yang dicampurkan dengan mayonaise dan yogurt, atau memakan secara langsung.

6 dari 7 halaman

Apel

Apel memiliki rasa yang manis dan renyah. Buah ini sering dijadikan makanan pencuci mulut, camilan saat seseorang merasa lapar, atau sebagai makanan diet untuk membantu menurunkan berat badan.

Buah yang tumbuh pada suhu dingin ini merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi. Apel mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, dan juga kalium.

Dengan kandungan nutrisi tinggi tersebut, membuat apel sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat memberikan asupan nutrisi setelah seharian berpuasa.

7 dari 7 halaman

Semangka

Semangka merupakan buah yang. banyak mengandung air dan nutrisi sehingga buah ini cocok untuk dihidangkan sebagai makanan saat berbuka puasa.

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada semangka dapat dengan efektif mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Serat yang ada dalam semangka juga menjadikan buah ini cocok untuk menurunkan berat badan.

Anda dapat mengonsumsi semangka secara langsung atau membuatnya sebagai jus. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, usahakan tidak menambahkan pemanis ke dalam jus semangka.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer