Sukses


Pengertian Insecure, Kenali Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Insecure atau perasaan tidak aman mungkin secara tidak sadar pernah kamu alami. Perasaan insecure muncul saat merasa bersalah, kekurangan atau bahkan tidak mampu.

Jadi, seseorang mengalami insecure saat merasa tidak aman atau hidup dalam ketakutan. Kondisi tersebut biasanya membuat seseorang tidak percaya diri.

Orang yang mengalami insecure bisa menjadikan seseorang merasa takut berinteraksi dengan orang lain. Padahal, interaksi merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

Orang yang insecure biasanya menilai diri sendiri terlalu rendah dari orang lain. Beberapa hal yang biasanya membuat seseorang tidak percaya diri ialah warna kulit, berat dan tinggi badan, serta bentuk fisik lainnya yang tak sesuai dengan keinginan.

Namun perlu dipahami, insecure merupakan hal yang wajar terjadi pada seseorang. Perasaan insecure akan menjadi masalah jika sering atau terus dirasakan.

Itulah mengapa perlu diketahui tanda-tanda mengalami perasaan insecure. Berikut ini Bola.com merangkumnya dari HalodocQuipper, dan Dream, Selasa (2/6/2020), mengenai tanda-tanda dan mengatasi insecure.

2 dari 3 halaman

Tanda-tanda Insecure

1. Merasa rendah diri

Tanda-tanda yang paling jelas seseorang mengalami insecure ialah merasa rendah diri. Kondisi tersebut disebabkan karena seseorang kurang mengenal diri sendiri dan kurang mencintai dirinya sendiri.

Jadi, jika merasa rendah diri, kamu harus mengenali diri kamu, kemampuanmu, dan cintailah dirimu apa adanya. Sejatinya setiap orang memang memiliki kekurangan dan kelebihan.

2. Mengalami ketakutan yang berlebihan

Tanda-tanda berikutnya ialah seseorang yang mengalami insecure akan mengalami ketakutan yang berlebihan. Ketakutan tersebut berupa kecemasan yang berlebihan akan sesuatu hal, bahkan hal-hal yang kecil sekalipun, yang seharusnya tidak perlu pikirkan dan ditakuti.

Rasa takut pada diri seseorang memang wajar, tetapi seseorang perlu melakukan kontrol dan memikirkan solusi untuk ketakutan yang dialami.

3. Tidak mau keluar dari zona nyaman

Orang yang memiliki perasaan insecure, biasanya akan sering berada di zona nyaman. Hal tersebut disebabkan ketakutan dan kecemasan yang berlebihan, sehingga dia tidak berani menghadapi tantangan. Sehingga orang insecure akan sangat enggan untuk keluar dari zona nyaman itu.

4. Sering membandingkan diri dengan orang lain

Tanda-tanda orang insecure yang terakhir ialah saat seseorang sangat sering membandingkan diri mereka dengan orang lain. Mereka selalu merasa bahwa kehidupan orang lain selalu lebih baik dari dirinya.

Kondisi tersebut justru membuat seseorang merasa bahwa kehidupannya yang paling buruk.

3 dari 3 halaman

Tips Mengatasi Perasaan Insecure

1. Tingkatkan rasa percaya diri

Tips mengatasi insecure yang pertama ialah dengan meningkatkan rasa percaya diri. Percaya dirimu akan terbangun jika kamu mengenali dirimu sendiri.

Itulah mengapa, mulailah untuk menggali dirimu lebih dalam. Jika kamu mengetahui kemampuan dan bisa mengendalikannya, rasa percaya diri itu akan tumbuh dalam dirimu. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, kamu tidak akan lagi merasa takut dalam melakukan apa pun.

2. Pilih lingkungan dengan suasana baik

Tidak ada salahnya untuk memilih lingkungan yang baik agar terhindar dari perasaan insecure. Jadi, carilah lingkungan yang bisa meningkatkan rasa percaya diri supaya terhindar dari perasaan insecure.

3. Minta masukan dari orang lain

Jangan takut untuk selalu meminta pendapat dan masukan dari orang terdekat karena kamu sendiri tidak selalu mengenal dirimu.

Orang lain yang biasanya bisa menilai diri kamu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan masukan agar terhindar dari hal-hal yang membuatmu menjadi insecure.

4. Tidak menghakimi diri sendiri

Pikiran negatif yang berlebihan tentang kualitas diri yang buruk berdasarkan penilaian kamu sendiri justru akan membuatmu menjadi insecure.

Jadi, lebih baik fokus untuk memperbaiki kukurangan dalam diri sendiri. Bukan malah fokus menghakimi diri sendiri.

Jika kita merasa buruk, tugas kita ialah bagaimana memperbaikinya dan berdamai dengan diri sendiri.

5. Melakukan eksplorasi terhadap hubungan pertemanan

Teman kerap dijadikan tempat berlabuh dari segala permasalahan hidup selain dari keluarga. Biasanya, seseorang justru lebih dekat dengan teman-teman daripada dengan anggota keluarga.

Di sisi lain, saat kamu memiliki rasa insecure yang berlebihan, kamu justru akan sulit menjalin hubungan dengan teman-temanmu. Maka dari itu, kenali teman-temanmu, dan tunjukkan empati kepada mereka supaya hubungan pertemanan kamu lebih erat dan solid.

Setiap orang pastinya membutuhkan dukungan dari orang terdekat seperti, teman, sahabat, pacar, hingga keluarga yang mana bisa menumbuhkan lagi rasa percaya diri kamu.

 

Referensi: Quipper, Halodoc, Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 19/5/2020)

Video Populer

Foto Populer