Sukses


Memahami Makna Gaya Hidup Sehat dan Tips untuk Melakukannya

Bola.com, Jakarta - Memiliki hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Tak ada satu pun yang ingin jatuh sakit.

Dengan memiliki tubuh yang senantiasa sehat, kita dapat beraktivitas setiap hari dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti karena terbebas dari segala gangguan kesehatan.

Memiliki gaya hidup yang sehat juga dapat memperpanjang peluang hidup karena dapat mengurangi risiko terjangkit berbagai macam penyakit kronis.

Contohnya, jika kita tidak menjaga asupan makanan setiap hari, hal tersebut dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Dengan menjaga gaya hidup sehat, kita dapat mempertahankan fungsi organ tubuh bekerja dengan normal dan tidak memiliki gangguan.

Lantaran jika sudah terkena penyakit kronis, akan lebih sulit untuk menyembuhkan ketimbang menghindarinya.

Seperti sebuah pepatah mengatakan "lebih baik menjaga daripada mengobati", hal tersebut perlu selalu diingat karena menjaga kesehatan tubuh itu adalah hal yang penting.

Lalu apa sebenarnya makna dari gaya hidup sehat dan bagaimana cara melakukannya?

Berikut ini penjelasan makna hidup sehat beserta cara melakukannya, seperti dirangkum dari Halodoc, Rabu (3/6/2020).

2 dari 3 halaman

Makna Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat adalah upaya seseorang dalam menjaga dirinya agar tetap sehat.

Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana, satu di antaranya adalah menjaga asupan makanan.

Selain itu, gaya hidup sehat dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh karena menjauhkan dari gangguan kesehatan yang sewaktu-waktu dapat mengintai.

Gaya hidup sehat merupakan komitmen seseorang dalam menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan dapat memiliki efek jangka panjang, yaitu menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit dan menjaga fungsi organ tubuh agar tetap bekerja dengan normal.

Berbagai gangguan fungsi organ tubuh dapat muncul kapan saja jika kita tidak memiliki gaya hidup sehat. Hal itu karena gaya hidup yang dilakukan setiap hari berpengaruh dengan segala fungsi organ dalam tubuh.

Banyak orang yang mengira melakukan gaya hidup sehat adalah sesuatu yang sulit dan merepotkan sehingga mereka jarang ingin untuk memulainya.

Padahal, hal tersebut sebenarnya mudah untuk dilakukan jika memiliki niat untuk memiliki tubuh yang terjaga kesehatannya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memulai hidup sehat, mulai berolahraga secara rutin hingga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

3 dari 3 halaman

Tips Melakukan Gaya Hidup Sehat

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Satu di antara banyak tips atau cara untuk hidup sehat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi secara rutin.

Hal tersebut penting dilakukan karena tubuh membutuhkan asupan gizi dan berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi untuk menjaga organ tubuh bekerja secara normal dan semestinya.

Anda juga perlu menjaga pengolahan makanan yang akan dikonsumsi. Jika mengolah makanan yang memiliki banyak nutrisi dan gizi tidak sesuai anjuran, akan menghilangkan kandungan gizi dan nutrisi dari makanan tersebut.

Contohnya, Anda memasak sayuran hijau seperti bayam atau selada, lebih baik mengonsumsinya sebagai salad. Namun, jika ingin memasaknya, jangan sampai terlalu matang karena akan menghilangkan nilai gizi di dalamnya.

Untuk memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang dimakan secara langsung atau dijadikan jus, atau mengonsumsi berbagai macam makanan bernutrisi seperti ikan berlemak, sayuran, biji-bijian, dan lain sebagainya.

2. Rutin berolahraga

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi dan sehat secara rutin setiap harinya, kita dapat melakukan olahraga secara rutin untuk memulai gaya hidup sehat.

Namun, berolahraga sering dilewatkan oleh kebanyakan orang akhir-akhir ini karena aktivitas keseharian yang cukup padat dari pagi hingga malam.

Sebenarnya, melakukan kegiatan berolahraga tidak perlu dilakukan dengan cara yang sulit dan cukup berat.

Jika Anda berada di kantor, Anda dapat menaiki dan menuruni tangga beberapa kali. Hal tersebut cukup membantu tubuh tetap bergerak dan melakukan aktivitas fisik.

Olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan dapat membantu memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, membantu jantung memompa darah serta menyalurkannya ke seluruh organ dalam tubuh.

Hal yang perlu direnungkan dan dipahami adalah, sekecil apa pun kegiatan olahraga atau aktivitas fisik yang Anda lakukan, itu akan menjadi penting daripada tidak melakukannya sama sekali.

3. Mengelola stres dengan baik

Tidak dapat dimungkiri, stres yang dialami seseorang dapat memengaruhi kesehatan tubuh sehingga perlu dihindari.

Stres atau depresi secara langsung dapat memengaruhi kekuatan imunitas tubuh, yang pada akhirnya mempermudah segala penyakit untuk menyerang tubuh.

Terkadang sebuah masalah datang silih berganti seperti tidak memiliki kata henti, tetapi kita harus selalu menyadari bahwa mengelola stres adalah hal yang penting dilakukan.

Untuk mengatasi stres, Anda dapat memberikan waktu bersantai bagi diri sendir atau mencari hiburan di luar rumah, seperti menonton bioskiop dan melihat pemandangan alam.

4. Perbanyak minum air putih

Ada banyak orang yang mengabaikan kesehatan tubuh dengan lalai atau kurang mengonsumsi cairan atau meminum air putih secara rutin.

Meminum air putih secara rutin dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan karena seperti yang kita ketahui, hampir 80 persen tubuh terdiri dari cairan.

Dengan meminum air purtih secara rutin, dapat memperlancar peredaran darah di dalam tubuh sehingga fungsi organ-organ dapat bekerja dengan semestinya.

5. Tidur dan istirahat dengan cukup

Hal yang sering menyebabkan seseorang terserang penyakit ialah memiliki waktu tidur yang kurang atau tidak memiliki waktu istirahat yang tepat.

Hal itu karena untuk memiliki tubuh yang sehat dan dapat terhindar dari segala penyakit, kita harus memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup setiap har.

Saat beristirahat, khususnya saat tertidur, tubuh kita akan menghilangkan berbagai racun di dalam tubuh dan mengistirahatkan kerja tubuh yang sebelumnya digunakan beraktivitas selama seharian.

Untuk orang dewasa, dianjurkan memiliki waktu tidur paling tidak selama tujuh hingga delapan jam. Hal tersebut cukup untuk memulihkan tubuh dan membuatnya segar kembali.

 

Sumber: Halodoc

Video Populer

Foto Populer