Sukses


8 Manfaat Bernyanyi untuk Kesehatan Tubuh, Atasi Demensia hingga Cegah Penuaan Dini

Bola.com, Jakarta- Banyak orang gemar bernyanyi. Mungkin Anda satu di antaranya, orang yang suka bernyanyi saat mandi, di mobil, di rumah, atau di tempat lain.

Bernyanyi adalah satu di antara hal menyenangkan yang bisa membangkitkan semangat, tak peduli apakah suara kita merdu atau tidak. Bernyanyi menjadi satu di antara cara favorit untuk mengekspresikan perasaan.

Irama, lantunan melodi, lirik lagu dapat menggambarkan suasana hati yang sebenarnya. Selain dapat menggambarkan suasana hati, sejumlah studi mengungkap, bernyanyi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan fisik.

Tanpa disadari, bernyanyi merupakan aktivitas yang kompleks. Hal ini karena bernyanyi melibatkan berbagai area di otak, terutama bagian otak yang berperan dalam fungsi berbahasa, vokal, dan emosional.

Satu di antara manfaat bernyanyi dapat memperbaiki pernafasan orang-orang yang mengalami gangguan paru dan membantu penderita demensia dalam mengatasi penyakitnya.

Bernyanyi bisa menjadi rutinitas harian guna mengusir penat yang bisa dilakukan semua golongan, tua, maupun muda.

Berikut beberapa manfaat bernyanyi bagi kesehatan seperti dilansir Dokter Sehat, Alo Dokter, dan Health, Kamis (2/7/2020).

2 dari 5 halaman

Mengatasi Masalah Demensia

1. Mengatasi masalah demensia

Manfaat pertama bernyanyi digunakan sebagai terapi untuk membantu mengatasi demensia. Demensia adalah menurunnya kemampuan otak untuk melakukan fungsi dasar, seperti berpikir, mengingat, berbicara, dan membuat keputusan.

Bernyanyi melibatkan berbagai fungsi otak yang melibatkan organ lain, seperti telinga, pita suara, dan bagian tubuh lain jika memainkan alat musik. Hal ini ternyata berdampak positif pada mereka yang sedang dalam pengobatan demensia.

Bernyanyi dapat merangsang jaringan saraf otak untuk bekerja lebih aktif. Selain itu, saat bernyanyi, otak akan menggali memori untuk melafalkan lirik dari lagu-lagu yang pernah didengar yang dapat memberi harapan dan perasaan positif bagi pengidap demensia.

2. Melawan stres

Manfaat selanjutnya dari bernyanyi adalah mengurangi stres. Hal ini terbukti ketika bernyanyi, kadar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh seseorang dapat menurun.

Bernyanyi juga dapat membuat Anda merasa lebih santai, senang, nyaman, lega, dan suasana hati juga membaik. Kondisi ini juga berlaku bagi mereka yang dalam kesehariannya tidak begitu suka menyanyi.

3 dari 5 halaman

Mencegah Kecemasan

3. Mencegah kecemasan

Menurut Katie Ziskind, terapis psikologi dari Connecticut, menyatakan bahwa bernyanyi sambil mendengarkan musik bisa membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin dalam jumlah banyak keluar.

Hormon oksitosin adalah hormon cinta, yang bisa didapat dari jatuh cinta, berhubungan intim, dan juga saat Anda memeluk seseorang.

Bernyanyi dapat mengurangi gejala kecemasan berlebih karena memunculkan efek relaksasi dari hormon oksitosin itu sendiri.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anda yang sering bernyanyi berpotensi tidak mudah terserang penyakit karena bernyanyi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tanpa disadari, ketika bernyanyi, tubuh akan secara alamiah mengeluarkan kelenjar yang memiliki fungsi sebagai antibodi.

Bernyanyi bisa menjadi pilihan alternatif, selain olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, guna menjaga daya tahan tubuh.

4 dari 5 halaman

Mencegah Penuaan Dini

5. Mencegah penuaan dini

Ketika sedang bernyanyi, otot-otot wajah akan mengalami pergerakan dan tertarik. Secara tidak langsung hal ini memberikan manfaat bagi kesehatan.

Bernyanyi mampu mencegah penuaan dini, terutama di area wajah. Otot dan kulit wajah menjadi kencang dan elastis sehingga tidak cepat keriput dan membuat wajah senantiasa awet muda.

6. Meningkatkan kemampuan menelan

Ketika bernyanyi, bagian mulut dan tenggorokan akan bergerak terus. Hal ini apalagi secara teratur dilakukan, ternyata dapat membuat kemampuan kita dalam menelan makanan menjadi meningkat.

Bernyanyi mampu mempermudah kita mengolah makanan di dalam mulut dan menelannya. 

5 dari 5 halaman

Menjaga Kinerja Sistem Pernapasan

7. Menjaga kinerja sistem pernapasan

Bernyanyi merupakan aktivitas aerobik yang bermanfaat bagi sistem pernapasan. Bernyanyi mampu meningkatkan pasokan udara di saluran pernapasan bagian atas.

Hal ini berguna membersihkan dan mencegah perkembangbiakan bakteri yang bisa mengganggu kinerja sistem pernapasan. Bernyanyi juga dipercaya mampu mengatasi masalah lainnya yang berkaitan dengan sistem pernapasan, yaitu mendengkur saat tidur.

8. Memperlancar sirkulasi darah

Menurut penelitian The Alzheimer's Society pada 2015 menyatakan bernyanyi dapat memperlancar sirkulasi darah. Hal ini karena adanya aktivitas pertukaran oksigen selama bernyanyi.

Bernyanyi juga berfungsi meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

 

Sumber: Dokter Sehat, Alo Dokter, Health

Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr

Video Populer

Foto Populer