Sukses


F2 2020: Tampil Baik Saat Latihan Bebas, Sean Gelael Bermasalah Ketika Menjalani Kualifikasi di Austria

Bola.com, Spielberg - Pembalap asal Indonesia, Sean Gelael, melewati hari pertama Kejuaraan FIA Formula 2 2020 dengan dua hasil berbeda. Pada sesi latihan bebas atau free practice di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Jumat (3/7/2020), Sean berada di posisi sembilan. Sayang, saat menjalani kualifikasi, kerusakan teknis memaksa pembalap Indonesia itu berada di posisi 17.

Start dari posisi tersebut di Sirkuit Red Bull Ring memang bukan akhir segalanya bagi Sean Gelael bersama tim DAMS. Ada banyak tempat untuk menyusul di sirkuit di Austria tersebut. Asalkan, problem teknis dalam sistem elektronik benar-benar sudah teratasi.

Untuk mengatasi hal itu, Sean mengatakan tim DAMS berencana mengganti steering wheel dan semua elektronik yang bermasalah.

"Setelah masalah yang ada saat sesi latihan, kami mengganti dua onderdil, yaitu pompa hidrolik dan power delivery unit untuk membuat aliran intercooler lebih lancar. Namun, ternyata masalah tetap terjadi saat kualifikasi sehingga kami harus mencari tahu masalah yang sebenarnya," ujar Team Principal DAMS, Francois Sicard, seperti dalam rilis yang diterima Bola.com.

"Ini benar-benar pukulan buat kami karena selama empat tahun mobil kami tidak pernah mengalami masalah, terutama di sesi kualifikasi. Ini sangat mengecewakan bagi Sean Gelael dan tim," lanjut Francois Sicard.

Video

2 dari 2 halaman

Belum Menentukan Taktik

Soal taktik apa yang dipakai dalam balapan kali ini, Sean Gelael dan DAMS belum bisa memastikannya. Satu yang terpenting adalah mencari kemungkinan mendapat clear air atau kondisi yang sepi.

Taktik prime-option (ban keras-lunak) atau sebaliknya masih akan dikalkulasi. Strategi masuk pit belakangan tersebut bisa jadi sama baiknya dengan option-prime yang masuk pit lebih dulu.

"Setelan mobil kami yang menyebabkan pemanasan ban lebih lama dari biasanya. Itu harus jadi pertimbangan," kata Sean.

"Kami tak boleh salah melakukan kalkulasi karena ban kami butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan grip," lanjutnya.

Pembalap asal China, Guanyu Zhou menempati pole position bersama tim Uni-Virtuosi Racing. Sementara rekan setim Sean, Dan Ticktum ada di posisi start sembilan.

Video Populer

Foto Populer