Sukses


7 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani, Memperbaiki Mood dan Perpanjang Usia

Bola.com, Jakarta - Kebugaran jasmani adalah gerakan yang membutuhkan kerja otot sehingga tubuh akan membakar kalori. Latihan kebugaran jasmani kerap dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat latihan kebugaran jasmani yang utama adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Namun, olahraga ini sebenarnya juga bisa menyehatkan mental atau rohani.

Untuk mendapatkan manfaatnya, latihan kebugaran jasmani perlu dilakukan secara rutin. Latihan kebugaran jasmani banyak bentuknya.

Terdapat setidaknya lima tipe latihan kebugaran jasmani, seperti latihan aerobik, latihan kekuatan, latihan keseimbangan, latihan fleksibilitas, dan latihan penyeimbang komposisi tubuh.

Meski berbeda gerakan, manfaat latihan kebugaran jasmani yang didapat sama, yakni menyehatkan fisik dan mental. Olahraga ini efektif untuk membakar kalori dan menurunkan risiko terjadinya sejumlah penyakit.

Jika kamu menginginkan manfaat maksimal dari latihan kebugaran jasmani, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin setiap hari.

Berikut adalah beragam manfaat latihan kebugaran jasmani yang kamu dapat jika dilakukan secara rutin dirangkum dari Alo Dokter, Healthline, dan Center for Disease Control and Prevention, Jumat (10/7/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

1. Menjaga berat badan

Manfaat pertama dari latihan kebugaran jasmani mampu membakar kalori dalam tubuhmu. Hal ini yang membuatnya bisa menjaga atau bahkan menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani yang satu ini, kami tidak perlu secara khusus berlatih di pusat olahraga. Cukup konsisten bergerak secara aktif, misalnya rajin berjalan kaki serta memilih naik tangga daripada elevator.

2. Menurunkan risiko penyakit berat

Rutin melatih kebugaran jasmani dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit jantung, stroke, penyakit pencernaan, kanker, hingga arthritis.

Yang perlu diketahui, serangan jantung dikenal sebagai silent killer yang seringkali tidak menunjukkan gejala apa pun.

Jika tidak ingin terkena masalah ini di kemudian hari, lakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin. Olahraga dilakukan secara rutin, otot jantung akan terlatih dan menjadi lebih kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Otot jantung yang kuat mampu menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga tidak rentan terkena penyakit jantung.

3 dari 5 halaman

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

3. Menurunkan kadar gula darah tinggi

Selain menyehatkan jantung, latihan kebugaran jasmani dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Ketika berolahraga, sel-sel di tubuh menjadi mudah untuk mencerna gula dari dalam darah.

Rutin berolahraga mampu mengontrol kadar gula dara menjadi lebih stabil ehingga kamu akan memiliki risiko rendah terjangkit diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat selanjutnya dari latihan kebugaran jasmani adalah memperkuat tulang. Selain memperkuat tulang, orang yang rutin berolahraga memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

Hal ini akan memberikan efek positif bagi tubuh. Ketika berolahraga, kamu akan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Kamu bisa melakukannya dengan latihan sederhana, seperti mendaki, naik turun tangga, dan angkat beban.

4 dari 5 halaman

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

5. Memperbaiki mood

Latihan kebugaran jasmani juga mampu memperbaiki mood atau suasana hatimu. Ketika latihan, kadar hormon endorfin akan meningkat dan dapat memicu rasa senang serta perasaan positif.

Latihan kebugaran jasmani juga dapat mengalihkan hal-hal negatif yang berkecamuk di pikiranmu.

6. Mengatasi stres dan depresi

Manfaat latihan kebugaran jasmani bagi kesehatan mental adalah dapat mengurangi stres yang bermuara pada depresi. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari sehingga dapat menurunkan tingkat stres di hari berikutnya.

Ketika berolahraga, kadar serotonin akan meningkat di dalam darah yang umumnya menurun pada penderita depresi. Orang yang rutin berolahraga juga cenderung memiliki emosi dan kesehatan mental yang lebih baik sehingga risikonya untuk mengalami gangguan mental akan lebih rendah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

7. Memperpanjang Usia

Dengan rutin melakukan latihan kebugaran jasmani, akan banyak manfaat kesehatan yang kamu dapatkan, termasuk memperpanjang usia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga berupa berjalan lambat maupun cepat, berpengaruh pada penurunan risiko kematian secara keseluruhan.

Penelitian ini mengamati hubungan antara berjalan dengan lebih cepat dan faktor-faktor seperti penyebab kematian, penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat kanker.

 

Sumber: Alo Dokter, Healthline, Center for Disease Control and Prevention

Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr

Video Populer

Foto Populer