Sukses


Sean Gelael Raih Poin Pertama di Formula 2 2020

Bola.com, Austria - Race 1 Kejuaraan FIA Formula 2 2020 Serie kedua di Red Bull Ring, Austria, berakhir manis bagi pembalap Indonesia, Sean Gelael. Pembalap tim DAMS itu berhasil meraih poin pertamanya setelah finis di peringkat ke-10 setelah Feature Race, Sabtu (11/7/2020) waktu setempat.

Balapan ronde kedua Formula 2 2020 yang kembali digelar di Austria itu dimulai dalam panduan Safety Car. Hujan yang turun pada seri bernama Styria tersebut bahkan sempat meniadakan sesi free practice 3 dan menunda kualifikasi F1.

Walau masih hujan, Race Director F1 Michael Masi memastikan balapan F2 tetap bisa digelar. Setelah usaha pertama dengan melakukan empat formation lap tak membuahkan hasil, balapan pun ditunda sekitar satu jam.

Ketika akhirnya benar-benar digelar, para pebalap muda ini sangat berdisiplin untuk tidak membuat kesalahan vital saat hujan. Yuki Tsunoda yang start terdepan terus memimpin, sampai kesalahan di pit membuatnya finis di posisi kedua di bawah Robert Shwatzman. Guanyu Zhou melengkapi podium.

Sean Gelael yang start dari posisi ke-16 tak kalah disiplin dengan para pembalap di depan. Dia sempat naik beberapa posisi sebelum akhirnya masuk pit. Keluar pit, Sean memang ada di posisi ke-16 lagi, tapi potensinya ada di posisi ke-12. Dan terbukti dia ada di posisi tersebut setelah para pebalap lain masuk pit.

Dengan manajemen ban yang bagus, Sean yang ketika keluar pit terpaut hampir enam detik dari rekan setimnya di DAMS, Dan Ticktum, bahkan sempat memperkecil jarak itu hingga 0,8 detik di posisi 9 dan 10.

Namun Sean kehabisan waktu untuk menyusul Ticktum. Bahkan ketika momentum menyusul Jack Aitken tersedia, Sean tak mau berisiko karena sudah di lap terakhir.

"Dari pada kami bertabrakan, lebih baik saya mengamankan poin. Namun, kalau itu untuk memperebutkan posisi 8, yang berarti pole position Race 2, saya akan memaksanya," kata Sean Gelael yang finis di posisi ke-10.

Video

2 dari 2 halaman

Poin Berharga

Sean Gelael juga mengingatkan bahwa baru saja pekan lalu di sirkuit yang sama dia mengalami beragam kendala teknis. Saat itu, Sean gagal mencapai finis baik di feature race maupun di sprint race.

Bercermin dari hasil yang diraih di seri pertama, satu poin awal ini sangat berharga sebagai pembangkit motivasi Sean dan timnya.

"Memang apa yang dialami kami pekan lalu itu sungguh tidak menyenangkan. Namun, Sean justru menyemangati kami untuk bangkit. Dan hari ini terbukti kami bisa bangkit dengan mendapat poin dari kedua pebalap," ujar Francois Sicard, Team Principal DAMS.

Video Populer

Foto Populer