Sukses


9 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan: Mengobati Mimisan, Asam Urat, Batuk, dan Asma

Bola.com, Jakarta - Daun sirih atau Piper Betle sudah dikenal luas di masyarakat Indonesia. Tanaman ini sangat mudah dijumpai di pasar hingga dibudidayakan sendiri di rumah.

Daun sirih memiliki warna hijau gelap dan berbentuk hati. Sejak 400 SM, tanaman ini sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional.

Daun sirih memiliki rasa yang kuat, menyengat, dan beraroma khas. Zaman dulu, khususnya daun sirih merah, sering digunakan orang lanjut usia untuk menyirih. Biasanya menyirih dilakukan sebagai satu di antara cara untuk merawat gigi.

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90 persen daun sirih terdiri dari air dan rendah lemak serta kalori.

Daun sirih memiliki beragam kandungan baik, seperti vitamin, sumber kalsium, minyak atsiri, chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, campene hingga memiliki sifat antioksidan.

Selain untuk menyirih, tanaman ini masih menyimpan banyak manfaat lain untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari daun sirih bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui, dirangkum dari Klik Dokter dan Dr Health Benefits, Kamis (16/7/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

1. Menurunkan kadar glukosa

Manfaat pertama dari daun sirih adalah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Kandungan tanin yang bersifat antidiabetes serta alkaloid dalam daun sirih menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus.

Konsumsi rebusan daun sirih ini dapat membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

2. Mengurangi bau mulut dan badan

Kandungan eugenol dan capitol yang terdapat pada daun sirih mampu mengatasi bau mulut. Berkumur dengan daun sirih, masalah bau mulut bisa teratasi.

Selain itu, rebusan daun sirih juga mampu mengatasi bau badan. Kandungan estradiol dan klaikula di dalamnya dapat bekerja mengatur produksi hormon kelenjar keringan dalam tubuh sehingga dengan cara ini, bau yang tidak sedap disebabkan oleh keringat bisa teratasi.

3. Agen antikanker

Daun sirih memiliki manfaat melawan kanker. Daun sirih mengandung sejumlah phytochemical yang berguna untuk menetralkan radikal bebas.

Antikanker yang dimiliki daun sirih juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebarannya ke berbagai organ tubuh. Mengunyah daun sirih dapat mencegah kanker mulut karena menjaga kadar asam askorbat dalam air liur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

4. Agen antiseptik

Daun sirih dipercaya memiliki manfaat sebagai antiseptik alami. Kandungan polifenol yang ada dalam daun sirih mampu melindungi luka dari kuman.

Sifat antibakteri yang terkandung dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Tak hanya itu, kandungan yang ada di dalamnya juga digunakan untuk mengurangi peradangan, seperti radang sendi dan orkitis.

5. Meredakan asma

Daun sirih merupakan tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mencegah berbagai penyakit. Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat mengobati dan mencegah asma kambuh.

Asma merupakan salah di antara penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan.

6. Mengatasi batuk

Manfaat selanjutnya dari daun sirih mampu mengatasi batuk. Sifat antiseptik yang ada di daun sirih mampu membunuh bakteri penyebab penyakit batuk.

Kamu bisa mencoba dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih untuk meredakan batuk.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

7. Menyehatkan saluran pencernaan

Ketika kamu mengonsumsi daun sirih, produksi lendir yang melindungi saluran cernamu akan meningkat. Lendir ini berguna untuk mencegah timbulnya luka pada dinding usus dan lambung.

Diketahui, daun sirih efektif mengurangi serta meredakan nyeri lambung dan gejala GERD. Daun sirih juga melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya.

Manfaat mengonsumsi daun sirih lainnya terhadap kesehatan saluran cernamu adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

8. Mengobati mimisan

Daun sirih mampu menyembuhkan mimisan berkat kandungan tannin. Kandungan tannin yang terkandung dalam daun sirih berguna sebagai antioksidan untuk mempercepat respons tubuh dalam menyembuhkan luka.

Penelitian Phyto Journal menyatakan bahwa daun sirih juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makin kuat daya tubuh kamu, maka akan makin cepat luka atau peradangan bisa sembuh.

9. Atasi asam urat

Mengonsumsi air rebusan daun sirih mampu meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat yang ada dalam tubuh. Daun sirih bisa menjadi alternatif obat herbat bagi kamu yang memiliki penyakit asam urat.

 

Sumber: Klik Dokter, Dr Health Benefits

Video Populer

Foto Populer