Sukses


9 Manfaat Daun Oregano, Tanaman Herbal Simbol Kebahagiaan yang Kaya Akan Antioksidan

Bola.com, Jakarta - Tahukah kamu bahwa daun oregano memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun oregano adalah tanaman herbal yang juga terkenal sebagai penyedap rasa makanan.

Tanaman ini berasal dari keluarga tanaman mint (Lamiaceae). Bagi bangsa Yunani kuno dan Roma, daun oregano dipercaya sebagai simbol kebahagaian.

Kata oregano sendiri memiliki arti kebahagiaan dari gunung. Oregano mudah kamu temui sebagai garnish atau taburan makanan seperti pizza, pasta, kentang goreng, dll.

Biasanya yang dicampurkan ke masakan adalah daun oregano kering. Tanaman oregano adalah tanaman abadi yang tumbuh hingga setinggi dua kaki yang ditemukan di daerah pegunungan Yunani dan negara-negara Mediterania lainnya.

Oregano mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K. Selain itu, ia juga mengandung fiber, folat, zat besi, magnesium, dan kalsium.

Semua kandungan itu bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran manfaat apa saja yang bisa kamu peroleh dari daun oregano?

Berikut manfaat daun oregano yang perlu kamu ketahui untuk kesehatan dirangkum dari Dokter Sehat dan Sehat Q, Sabtu (18/7/2020).

Video

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Oregano

1. Menangkal Radikal Bebas

Daun oregano merupakan sumber antioksidan yang berperan dalam pengendalian radikal bebas berlebih. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat memicu kerusakan sel dan menimbulkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Bahkan dibanding buah-buahan dan sayuran, daun oregano mengandung antioksidan 42 kali lebih banyak. Daun oregano juga mengandung asam rosmarinic dan thymol.

Kedua kandungan ini diketahui dapat mengurangi stres oksidatif dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi tanaman ini, tubuhmu akan mendapatkan perlidungan kesehatan dan tak mudah terserang penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Perlu diketahui, daun oregano memiliki kandungan serat yang banyak. Meski ukurannya kecil, tanaman ini memiliki dampak besar pada sistem pencernaan.

Serat merupakan faktor penting untuk menyehatkan pencernaan. Dengan mengonsumsi daun oregano, serat yang terkandung mampu membantu kelancaran fungsi lambung.

Disarankan untuk mengonsumsi 15 gram serat setiap hari.

3. Mampu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daun oregano merupakan satu di antara sumber antioksidan. Dengan mengonsumsi daun oregano diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Manfaat ini diambil berdasarkan berbagai penelitian. Satu di antara kanker yang diyakini dapat dihambat oleh daun oregano adalah kanker usus besar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Oregano

4. Meredakan Peradangan

Peradangan merupakan respons imun yang normal terjadi ketika kita sakit atau mengalami luka. Peradangan yang bersifat kronis dapat membahayakan dan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Daun oregano dengan kandungan carvacrol dan antioksidannya dapat mengurangi peradangan di tubuh yang bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan gangguan autoimun. Kandungan carvacrol disebutkan memiliki sifat antiinflamasi.

5. Agen Antibakteri

Kandungan carvacrol alami yang ada di dalam daun oregano juga berguna sebagai antibakteri. Kandungan ini sangat efektif untuk melawan bakteri patogen pada makanan yaitu Listeria monocytogenes.

Bakteri Listeria monocytogenes adalah bakteri yang menyebabkan keracunan makanan atau infeksi listeriosis.

6. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Menurut penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition 2016 menyatakan bahwa, daun oregano memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Kandungan omega-3 dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung, menyeimbangkan level kolesterol, dan mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Oregano

7. Meningkatkan Energi

Manfaat selanjutnya dari daun oregano adalah dapat meningkatkan energi. Daun oregano memiliki kandungan mineral dan zat besi yang busa memanjakan tubuh dengan memberi energi sepanjang waktu, meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengoksidasi sel dan otot tubuh jadi lebih kuat.

8. Detoksifikasi Tubuh

Daun oregano memiliki beragam kandungan yang  sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Terdapat kandungan, seperti mangan, kalsium, zat besi, vitamin K, serat, dan berbagai senyawa organik lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa daun oregano dapat membantu fungsi hati dan mempercepat proses pengeluaran toksin.

9. Mengatasi Berbagai Kondisi Kulit

Selain berguna untuk kesehatan, daun oregano juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Bagi kamu yang memiliki masalah pada kulit, seperti  jerawat, ruam, kulit kemerahan, bentol-bentol, dan bengkak, menggunakan minyak daun oregano bisa menjadi solusi.

Kandungan antibakteri alami pada daun oregano efektif untuk mengatasi kondisi kulit tersebut, serta mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakan minyak oregano oil adalah dengan mencampurkan 2-3 tetes minyak essential oil dengan air secukupnya.

Lalu oleskan cairan minyak oregano ke jerawat atau kulit yang bermasalah dengan kapas.

 

Sumber: Dokter Sehat, Sehat Q

Video Populer

Foto Populer