Sukses


7 Manfaat Senam Lantai, Baik untuk Fisik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Senam lantai atau gimnastik adalah jenis olahraga yang umumnya sudah diperkenalkan sejak dini, yakni sejak masa sekolah dasar. Senam lantai merupakan satu di antara cara terbaik agar tubuh tetap bugar.

Senam lantai juga membantumu agar tak terkena berbagai macam penyakit. Secara umum, melakukan senam lantai dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Senam lantai merupakan jenis olahraga yang termasuk mudah dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Senam lantai tidak membutuhkan peralatan yang ribet, cukup dengan matras dan dinding senam lantai, kamu sudah bisa berolahraga.

Macam-macam gerakan senam lantai yang bisa diterapkan, seperti sikap lilin, kayang, roll depan, roll belakang, headstand, hingga handstand. Walau tampaknya lemah gemulai, kamu diuji saat mencoba melakukan gerakan-gerakan tersebut.

Senam lantai pada dasarnya membutuhkan banyak kekuatan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, dan kesadaran tubuh untuk melakukannya. Hal ini karena gerakan dalam senam lantai ini menuntut kekuatan tangan dan kaki, sekaligus koordinasi otot-otot tubuh dan persendiannya.

Jadi, senam lantai bisa menguras tenaga. Senam lantai juga merupakan satu di antara olahraga yang biasa dilombakan di Olimpiade.

Simak di bawah ini, manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari melakukan olahraga senam lantai, dirangkum dari Hello Sehat dan Good Doctor, Selasa (21/7/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Senam Lantai

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Manfaat pertama ketika kamu melakukan senam lantai, ialah bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Otot perlahan menjadi lebih kencang dan lentur dibandingkan melakukan olahraga lainnya.

Tubuh kamu lebih lentur dan fleksibel sehingga terhindar dari risiko cedera, nyeri, atau gampang kelelahan. Mulailah dengan peregangan dan pemanasan yang dinamis sebelum melakukan senam lantai.

2. Tulang kuat dan sehat

Senam lantai melatih kekuatan otot inti tubuh untuk menahan beban tubuh sendiri. Rutin melakukan senam ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulangmu.

Selain itu, memulai senam lantai sejak dini mampu memberikan kepadatan tulang hingga kapasitas maksimalnya. Hal ini tak hanya membangun tulang yang kuat dan sehat, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

3 dari 5 halaman

Manfaat Senam Lantai

3. Daya tahan tubuh

Manfaat senam lantai selanjutnya adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan melakukan senam lantai secara teratur dapat membangun daya tahun tubuhmu seperti latihan kardiovaskular.

Selain itu, pasti kamu akan lebih sehat dan memiliki risiko rendah terserang penyakit. Beberapa ahli mengatakan risiko terkena penyakit jantung, kanker, obesitas hingga diabetes bisa berkurang dengan rutin melakukan senam ini.

4. Membakar kalori

Melakukan senam lantai dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Hal ini karena senam lantai mengontrol detak jantung dan melibatkan otot-otot di lengan, kaki, punggung, bahu, perut, hingga punggung.

Melakukan senam lantai secara rutin dan benar juga dapat mengembangkan potensi untuk memiliki postur tubuh yang ideal.

4 dari 5 halaman

Manfaat Senam Lantai

5. Menguatkan otot

Gerakan senam lantai melibatkan hampir seluruh otot tubuh. Berbagai gerakan senam lantai, seperti roll depan, sikap lilin, kayang atau handstand melibatkan kaki dan lengan ketika melakukannya mampu meningkatkan otot yang ada di seluruh tubuh

Mulai dari kaki dan lengan saat kamu push-up atau sit-up, otot dada dan tulang belakang saat kamu melakukan roll depan. Otot inti tubuh serta otot paha saat kamu menahan sikap lilin, kayang, atau handstand.

Berbagai gerakan senam ini juga turut melatih otot bokong dan betis selama kamu menahan beban tubuh di satu posisi dalam waktu yang cukup lama.

6. Tingkatkan kedisiplinan diri

Manfaat selanjutnya dari senam lantai, ialah baik untuk meningkatkan kedisiplinan diri sendiri. Kegiatan senam lantai umumnya membutuhkan banyak disiplin diri.

Gerakan senam lantai ini juga membutuhkan konsentrasi dan komitmen yang tinggi. Melatih konsentrasi dan bekerja keras untuk bisa mendapatkan gerakan yang benar. Hal ini karena untuk sekadar rutin melakukannya saja, tidak selalu menjadi upaya yang mudah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Senam Lantai

7. Mengtasi Depresi

Ketika depresi, sebagian orang memilih untuk menyendiri atau melakukan hal negatif guna melampiaskan apa yang dirasakannya. Kamu bisa mencoba melakukan senam lantai sebagai sarana pelampiasan.

Selain baik untuk fisik tubuh, senam lantai bagus secara mental. Senam lantai bisa mengurangi depresi karena meningkatkan endorfin.

Hormon endorfin adalah zat kimia seperti morfin yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan memiliki peran dalam membantu mengurangi rasa sakit saat memicu perasaan positif. Hormon endorfin diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia.

 

Sumber: Hello Sehat, Good Doctor

Video Populer

Foto Populer