Sukses


7 Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan, Tak Hanya Bahan Pengembang Kue

Bola.com, Jakarta - Baking soda atau sodium bicarbonate dikenal memiliki banyak manfaat. Baking soda umumnya digunakan sebagai bahan pengembang dalam adonan kue.

Bagi kamu yang hobi membuat kue, tentunya sudah akrab dengan baking soda. Selain digunakan sebagai bahan pengembang kue, baking soda juga kerap dijadikan sebagai obat.

Baking soda adalah substansi bubuk putih tanpa aroma yang merupakan kombinasi antara sodium dengan hidrogen karbonat. Baking soda memiliki rasa yang pahit dan cenderung bersifat basa serta tidak beracun.

Baking soda mengandung zat yang berguna untuk tubuh, yaitu alkali dan sodium bikarbonat. Zat alkali dalam baking soda bisa mengurangi kadar keasaman (pH) di dalam tubuh.

Ketika kadar asam di dalam tubuh terlalu tinggi, hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan, dan yang terparah, dapat menyebabkan kematian.

Sementara kandungan sodium bikarbonat dapat digunakan untuk meredakan gejala sakit maag.

Selain mampu meredakan gejala sakit maag, tentunya masih banyak manfaat lain dari baking soda untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari baking soda untuk kesehatan yang tak pernah terbayangkan dirangkum dari Klik Dokter dan Sehat Q, Rabu (22/7/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

1. Memutihkan gigi

Bagi kamu yang memiliki gigi kuning, menggunakan baking soda bisa menjadi solusi. Baking soda mampu memutihkan gigi.

Baking soda adalah obat rumahan yang populer untuk memutihkan gigi karena memiliki sifat abrasif ringan di dalamnya. Sifat abrasif ringan ini mampu memutus ikatan molekul yang menodai gigi.

Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya. Banyak penelitian telah menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak dari pada pasta gigi tanpa baking soda.

2. Mencegah jerawat

Manfaat kedua dari baking soda adalah mampu mencegah timbulnya jerawat. Baking soda yang diaplikasikan ke kulit wajah mampu mengurangi peradangan pada dan menurunkan kemungkinan timbulnya jerawat.

Baking soda juga mampu mencegah timbulnya bintik-bintik gelap dan bekas luka setelah jerawat sembuh. Baking soda diketahui memiliki sifat antipuritus dan juga membuat kulit makin terlihat sehat dan bercahaya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

3. Menghilangkan bau keringat

Sebenarnya, keringat yang kita keluarkan tidak berbau. Bau ketiak setelah berkeringat disebabkan oleh bakteri yang hidup di area lipatan kulit tersebut.

Baking soda dapat menghilangkan bau keringat dengan membuat baunya tidak terlalu asam. Baking soda bisa menjadi alternatif pengganti deodoran untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.

4. Penetral asam lambung

Manfaat baking soda selanjutnya, yakni mampu meringankan sakit di perut. Mulas dikarenakan asam lambung yang naik memberikan rasa sakit serta sensasi terbakar di bagian atas perut dan dapat menyebar ke tenggorokan.

Hal ini disebabkan oleh refluks asam keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan. Baking soda dapat membantu meredakan kondisi asam di perut dengan menetralkan asam lambung.

Larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin dan minum campuran tersebut secara perlahan. Beberapa penyebab umum refluks asam adalah makan berlebihan, stres, dan makan makanan berminyak atau pedas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

5. Mengobati gatal pada kulit

Baking soda bisa mengatasi gatal pada kulit. Biasanya gatal terjadi adanya reaksi kulit terhadap gigitan serangga.

Kamu bisa mengoleskan krim untuk mengatasi kemerahan, rasa gatal, dan sensasi menyengat pada kulit karena gigitan serangga yang sifatnya ringan. Kamu juga bisa mandi dengan larutan baking soda yang efektif untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga.

Selain itu, baking soda dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat terbakar sinar matahari.

6. Membersihkan sayur dan buah dari pestisida

Cairan pestisida kerap disemprotkan pada buah dan sayuran agar bahan makanan tersebut terhindar dari serangga, tikus, kuman, dan gulma. Namun, cairan ini sangat berbahaya jika masuk ke tubuh manusia dan bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Untuk menghilangkan larutan pestisida yang menepel di sayur serta buah, kamu bisa menggunakan bakung soda untuk membersihkannya. Kamu bisa merendam buah ke larutan baking soda dan mencucinya selama 12-15 menit.

7. Mencegah kanker

Baking soda bisa digunakan sebagai alat penguat nutrisi dan kekebalan tubuh bagi penderita kanker. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa, baking soda dapat meningkatkan pH tumor asam tanpa memengaruhi keseimbangan pH jaringan sehat dan darah.

Perlu diperhatikan, beberapa penggunaan baking soda yang sering dan tak tepat penggunaannya bisa membahayakan. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter atau tenaga medis sebelum mengonsumsi atau menggunakan baking soda sebagai obat alternatif.

 

Sumber: Klik Dokter, Sehat Q

Video Populer

Foto Populer